PENGENALAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK PENGEMBANGAN POTENSI WISATA AGRO JERUK LASEMBANGI GUNA PENINGKATAN EKONOMI PERDESAAN

Authors

  • Nining Asniar Ridzal Universitas Muhammadiyah Buton
  • Waode Adriani Hasan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Dewi Mahmuda Universitas Muhammadiyah Buton
  • Fariz Mustaqim Universitas Muhammadiyah Buton
  • Abdul Rakhman Universitas Muhammadiyah Buton
  • Vivied Octaviani Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19981

Keywords:

Pemasaran Digital, Potensi, Wisata Agro

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  ini adalah: 1) Meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap agrowisata jeruk dengan media promosi menggunakan pemasaran digital  melalui sosial media, 2) Meningkatkan nilai tambah dan nilai jual dari Jeruk Lasembangi. Tren yang berkembang di masyarakat akhir-akhir ini adalah Masyarakat cenderung mengunjungi tempat wisata alam. Sebagian orang berpendapat bahwa tempat liburan yang memiliki suasana alami memberikan perasaan menyenangkan dan menenangkan pikiran dari aktivitas sehari-hari. Hal ini dipandang sebagai sebuah peluang, sehingga banyak destinasi wisata yang diiklankan dengan konsep “kembali ke alam”. Saat ini, wisatawan bersedia mengeluarkan biaya untuk pelestarian lingkungan alam dan sosial yang ingin mereka capai melalui agrowisata. Metode yang digunakan adalah metode survey dan pelaksanaan kegiatan. Setelah pelaksanaan kegiatan ini kami berharap petani jeruk dapat mempromosikan hasil panennya  melalui media sosial atau bentuk pemasaran digital lainnya, atau spot spot yang menarik agar menarik wisatawan atau pengunjung untuk datang. Kami pun berharap dengan memberikan gambaran packaging yang menarik dapat meningkatkan  nilai jual dari produk yang ditawarkan maka petani akan mempraktekkannya

References

Alfiati, S., Sukmawati, E., Setiawan, I., & Prabumulih, U. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital Dan Pengemasan Produk Untuk Mengembangkan Agrowisata Petik Jeruk Desa Air Talas Digital Marketing And Product Packaging Training To Develop Orange Picking Agrotourism In Air Taro Village. Community Engagement & Emergence Journal, 4, 66–72. Retrieved from https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej

Arsyad, H. A., Triana, E., Hatta, U. B., Puluh, K. L., Barat, P. S., Jeruk, P., … Kota, P. (n.d.). Pengembangan agrowisata berbasis perkebunan jeruk di nagari andiang, kecamatan suliki, kabupaten lima puluh kota.

Budi, S. A., Muchsin, S., & Sekarsari, R. W. (2020). AGROWISATA PETIK JERUK ( Studi Kasus di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang ) Program Studi Ilmu Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Admiministrasi , Universitas Islam Pendahuluan. Jurnal Respon Publik, 14(5), 48–54.

Fauzan, S., Sintya, B., Farah, A. N., Abdilla, M. Z., & Ulkhair, G. (2023). Pendampingan Masyarakat dalam Mengembangkan Edu Agrowisata Jeruk-Jeruk Menggunakan Metode PRA (Participatory Rural Appraisal). Jurnal Abdimas Pariwisata, 4(1), 7–14.

Nurani, R., Roessali, W., & Ekowati, T. (2020). Strategi pengembangan Agrowisata Jollong di Kabupaten Pati. Jurnal Pariwisata, 7(2), 80–91. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/8206

Downloads

Published

2023-11-12

How to Cite

Ridzal, N. A., Hasan, W. A. ., Mahmuda, D. ., Mustaqim, F. ., Rakhman, A. ., & Octaviani, V. . (2023). PENGENALAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK PENGEMBANGAN POTENSI WISATA AGRO JERUK LASEMBANGI GUNA PENINGKATAN EKONOMI PERDESAAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9879–9883. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19981