PENDAMPINGAN LITERASI BACA DITENGAH SIKAP DEMOTIVASI LITERASI SISWA DAERAH PERBATASAN PASCA STUDY FROM HOME(SFH) PANDEMI COVID- 19

Authors

  • Siprianus Jewarut Institut Shanti Bhuana
  • Margaretha Lidya Sumarni Institut Shanti Bhuana
  • Winda Lidya Lumbantobing Institut Shanti Bhuana
  • Listra Firgia Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19958

Keywords:

Literasi Baca; Sikap Demotivasi Literasi; Study From Home(SFH)

Abstract

Pelaksanaan pendampingan literasi baca pada siswa SDN 01 Bengkayang bertujuan untuk menumbuhkan kembali minat dan motivasi literasi baca siswa sekolah dasar yang mengalami demotivasi literasi akibat pandemi covid 19. Dalam pelaksanaan pendampingan tim membagi dalam 3 tahap yakni tahapan literasi pembiasaan, tahapan literasi pengembangan sampai pada tahapan literasi integrasi dalam pembelajaran di kelas. Dengan model pendampingan yang sistematis dengan mengedepankan 3 tahap pendampingan literasi di sekolah dasar memberi dampak yang sangat positif kepada para siswa SDN 01 Bengkayang. Hal ini terbukti dari hasil kuesioner guna mendapat feedback atas pelaksanaan pendampingan tersebut menunjukan adanya tren jawaban yang baik dengan 3 kategori jawaban, pertama; materi pendampingan yang diwakili pertanyaan no 1-5, jawaban positif siswa mencapai 90%, kedua; waktu pelaksanaan pendampingan yang diwakili pertanyaan no 6-7 juga mendapat jawaban positif dari siswa mencapai 80%, ketiga; kebermanfaatan dan keberlanjutan pendampingan melalui pertanyaan 8-10 mendapat jawaban positif dari siswa hingga 85%. Dari rata-rata jawaban responden tersebut menunjukan adanya tanggapan yang positif dari para siswa akan pelaksanaan pendampingan dan tim berencana untuk melakukan tahapan pendampingan lanjutan guna meningkatkan kemampuan literasi baca pada siswa daerah perbatasan.

References

Bengkayang, K. (2018). Neraca Pendidikan Daerah 2018.

Faizah, D. U., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.” Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (1st ed.). Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harista, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Melalui Teknik Reportase Mahasiswa Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam (Kpi) Iain Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9, 40–45.

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Senurus?: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Journal of Elementary Education, 4, 328–336. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2108720

Nasrulah, D., Natsir, M., Siswanto, & Lilis, R. (2020). Data Riset dan Teknologi Covid-19 Indonesia. In Kementrian Riset dan Teknologi - Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik (pp. 23–25). https://sinta.ristekbrin.go.id/covid/penelitian/detail/718%0Ahttp://sinta.ristekbrin.go.id/covid/penelitian/detail/245

Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika Learning Loss:Guru dan Orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2, 2715–2634. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1847

Roosie Setiawan, dkk. (2019). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Silvia, R., R. T. S. (2021). Analisis Implementasi Kebijakan Study From Home Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Covid-19. JGI: Jurnal Guru Indonesia, 1, 43–51. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3459900&val=30228&title=Analisis Implementasi Kebijakan Study From Home Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Covid-19

Solihin, L., Hijriani, I., Raziqiin, K., Zaenuri, M. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi (Vol. 1). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukmadinata, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). Pt Remaja Rosdakarya.

Wicaksono, L. (2016). Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1, 9–19.

Yudiawan, A. (2020). BELAJAR BERSAMA COVID 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.64

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Jewarut, S., Sumarni, M. L. ., Lumbantobing, W. L. ., & Firgia, L. . (2023). PENDAMPINGAN LITERASI BACA DITENGAH SIKAP DEMOTIVASI LITERASI SISWA DAERAH PERBATASAN PASCA STUDY FROM HOME(SFH) PANDEMI COVID- 19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9201–9209. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19958