TEKNOLOGI DIGITALISASI PRODUK UMKM UNTUK MENINGKATKAN DAYA JUAL JAJANAN GEBLEK BERBASIS WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19936Keywords:
Geblek, Website, UMKM, Desain Kemasan, DigitalisasiAbstract
Geblek adalah olahan pangan singkong yang merupakan produk kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di desa Way Halom Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Fokus dalam proposal ini adalah bagaimana manajen produk berupa packaging yang baik, proses penjualan dan pemasaran secara online. Produk UMKM saat ini terdiri dari olahan jajanan yang berbahan dasar singkong yaitu : Geblek pedas, Geblek rasa original, Geblek rasa keju, Geblek rasa durian. Packaging produk olahan jajanan ini masih menggunakan plastik putih polos, sehingga kemasan masih terlihat biasa dan tidak menarik. Sehingga proses Packaging produk ini akan dilakukan yaitu dengan cara digitalisasi produk dengan memberikan pelatihan membuat Packaging lebih menarik. Selain itu UMKM di arahkan untuk terus bisa mengembangkan usaha baik secara online dan offline. Untuk saat ini sebagai proses pemasaran jajanan Geblek masih mengandalkan kegiatan di pasar lokal. Sehingga hasil produksi hanya bisa dinikmati oleh masyarakat lokal saja, hal ini berdampak pada penghasilan UMKM. Digitalisasi produk UMKM membuat pemasaran bisa dilakukan secara online dan mampu menjangkau pasar nasional. Digitalisasi mencakup pembuatan website pemasaran jajanan Geblek dan social media jajanan Geblek yang digunakan sebagai sarana pemasaran secara online. Tahapan pemberdayaan dimulai dari pelatihan pembuatan packaging jajanan Geblek dan melakukan pendampingan cara memanfaatkan website pemasaran online untuk melakukan promosi. Hasilnya jajanan geblek khas kota belitang dibawah UMKM IBU yang ada di sesa wayhalom telah mempunyai aplikasi pemasaran yang bisa diakses secara online.References
amaliyanti, Cheililla Suci, And Sri Hastari. 2018. “Strategi Pengembangan Usaha Berdasarkan Analisis Kelayakan Pada Ukm Tape.” Jurnal Ema 3(1):22–36. Doi: 10.47335/Ema.V3i1.24.
Kurniansyah, M. Iqbal, And Sinar Sinurat. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Server Hosting Dan Domain Terbaik Untuk Web Server Menerapkan Metode Vikor.” Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (Json) 2(1):14–24. Doi: 10.30865/Json.V2i1.2450.
Martani, Ahmad, M. Saripuddin, And Nurul Ikhsan. 2022. “Design And Build A Company Profile Website Based On The Boostrap Framework And Codeigniter Framework At The Foundation Independent Scholar Caliph Rancang Bangun Website Company Profile Berbasis Framework Boostrap Dan Framework Codeigniter Pada Yayasan Kha.” Jurnal Multidisiplin Madani (Mudima) 2(6):2895–2912.
Prasetyaningrum, Putri Taqwa. 2016. “Deteksipolamakanankhaskulonprogo ‘Geblek’ Dengan Images Blendingdan Operator Canny.” Jurnal Teknologi Technoscientia 9(1):58–63.
Rasyid, Muh Nur, Nasrullah Nasrullah, And Sumarni Sumarni. 2021. “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Makassar (Studi Kasus Toko Ramadhan Stationery).” Ar-Ribh?: Jurnal Ekonomi Islam 4(1):100–110. Doi: 10.26618/Jei.V4i1.5217.
Ratnaningsih, M. K. Devi, And D. Sugati. 2020. “The Quality And Quantity Improvement Efforts For Geblek Kulonprogo As A Millennial Healthy Snack.” Journal Of Physics: Conference Series 1446(1). Doi: 10.1088/1742-6596/1446/1/012069.
Rofiki, Moh, And Kamilil Muhimmah. 2021. “Strategi Pemasaran Online Shop: Upaya Untuk Meningkatkan Volume Penjualan.” Ekonomi Dan Bisnis 3(1):47–56. Doi: 10.30739/Istiqro.V7i2.981.
Sugati, Daru, Nani Ratnaningsih, Mutiasari Kurnia Devi, And Supriadi. 2020. “Peningkatan Kapasitas Produksi Pati Singkong Basah Bahan Baku Geblek Di Ukm Patimurni Andani Kabupaten Kulon Progo.” Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri Dan Informasi Xv Tahun 2020 (Retii) 2020:345–49.
Timur, Pemkab Oku. 2021. “Pertanian.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdul Rahman, Ardi Asroh, Miftakhur Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.