SOSIALISASI BUDIDAYA TANAMAN TAHUNAN BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN DI DESA TIMBANG JAYA KECAMATAN BAHOROK.

-

Authors

  • Kabul Warsito Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Fariz Harindrasyam Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Namira Purba Yayasan Sayap Proyek Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19896

Keywords:

Pengabdian Bahorok, Tanaman Tahunan, Limbah Organik

Abstract

Pengabdian Masyarakat dengan judul Sosialisasi Budidaya Tanaman Tahunan Berbasis Ramah Lingkungan Di Desa Timbang Jaya Kec. Bahorok telah dilaksanakan pada Bulan September 2023 bersama Yayasan Sayap Proyek Indonesia dalam upaya pemanfaatan limbah organik dan tujuan konservasi di wilayah tersebut.  Kegiatan ini didasari atas masih perlunya budidaya tanaman untuk keperluan konservasi di Kec. Bahorok dengan mengajak seluruh lapisan elemen Masyarakat mulai dari pelajar SMA/ SMK se-Kecamatan Bahorok, mahasiswa dari Universitas Pembangunan Panca Budi dan Poilteknik Pariwisata Medan, petani dan warga sekitar, aktivis lingkungan dan beberapa wisatawan asing. Metode yang digunakan pada  pengabdian ini adalah melalui ceramah diskusi dan demonstrasi tentang penggunaan bahan bahan organik dalam teknik budidaya pembibitan tanaman tahunan. Adapun jenis tanaman tahunan yang digunakan antara lain aren (Arenga pinnata), durian (Durio zibethinus) dan matoa (Pometia pinnata). Bahan organik sebagai media tanam yang digunakan pada pengabdian ini antara lain kompos, ecoenzim, arang sekam dan pupuk kandang. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti program yang telah disampaikan. Masyarakat menilai penggunaan bahan bahan organik dalam budidaya tanaman tahunan sangat efektif dalam upaya konservasi di wilayah kecamatan Bahorok.

References

Ardani, Rahayu. 2000. Observasi Dan Wawancara. Malang : Bayumedia Publishing.

Ardiansyah, A., Warsito, K. & Ginting, T.Y. 2023. Application Of Microgranule From Iaa Producing-Endophytic Bacterial As Biofetilizer On Rubber Plants (Hevea Brasiliences Muell. Arg.). Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus. Vol. 9(2). 242-254.

Koentjaraningrat. 1984. Masyarakat Desa Di Indonesia. Fakultas Ekonomi Ui. Jakarta

Prayoga, G.Y., Warsito, K. & Amrul, H.Z.N. 2023. Invasion Of Endophytic Bacteria By Using Microencapsulation Technology As Stimulant In Cocoa Plants (Theobroma Cacao L). Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus. Vol. 9(2). 201-218.

Purba, I.G., Warsito, K. & Refnizuida. 2023. Escalation Of Coffee Plant (Coffea Arabica L) By Addition Of Microcapsules From Iaa (Indole Acetic Acid) Producing-Endophytic Bacteria. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus. Vol. 9(1). 181-191.

Romarak, A.P., Astra, Im.,Nadiro, A.P. 2021. Dampak Penebangan Hutan Terhadap Bencana Banjir Di Kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop. Communnity Development Journal. Vol.2, No. 2. 446-452.

Soekanto, Soerjono. 2010 Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Cv. Alfabeta

Sunyoto, Usman. 1998. Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta

Tjilen Alexander, A.P., Phuk, R.F., Ririhena, S.W., Tambaip, B., Syahruddin,S. Ohoiwutun, Y. , Prihandayani, R.D, 2023. Optimalisasi Potensi Desa Wisata Melalui Manajemen Pengelolaan Yang Berkelanjutan: Kontribusi Bagi Kesejahteraan Masyarakat Lokal. Jurnal Pengabdian Cendikia. Vol. 2. No. 6. 38-49.

Zit, S.I., Warsito, K. & Refnizuida. 2023. Effectiveness Microcapsules From Auxin Producing-Endophite Bacteria As Biofertilizer In Tea (Camellia Sinensis L). Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus. Vol. 9(1). 165-180

Downloads

Published

2023-10-19

How to Cite

Warsito, K. ., Harindrasyam, F. ., & Purba, N. . (2023). SOSIALISASI BUDIDAYA TANAMAN TAHUNAN BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN DI DESA TIMBANG JAYA KECAMATAN BAHOROK.: -. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8902–8905. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19896