PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMATAN SELATAN

Authors

  • Darmiyati Darmiyati Universitas Lambung Mangkurat
  • Sunarno Sunarno Universitas Lambung Mangkurat
  • Yogi Prihandoko Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19881

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Proyek, Matematika

Abstract

Pengabdian masyarakat ini memberikan bimbingan dan pelatihan tentang membuat perencanaan penilaian kepada para guru Sekolah Dasar. Kemudian Pendidik diberikan pendampingan dalam merumuskan indikator instrument penilaian, dan menetukan teknik penilaian yang tepat pada penilaian pembelajaran berbasis proyek, dan memberikan gambaran teknis pelaksanaanya di Sekolah Dasar serta melaksanakan penilaian proyek pada pembelajaran matematika, sesuai teknik penilaian yang tepat berdasarkan kompetensi dasar yang diajarkan. Target peserta pelatihan seperti direncanakan sebelumnya adalah 40 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan pendidik mengajar matematika SD se-Kecamatan Kusan Hulu. Yang mana seluruh peserta di berikan bekal pengetahuan tentang konsep dan prosedur pembuatan serta implementasi penilaian berbasis proyek pada pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Dengan pelatihan yang diberikan, dapat dikatakan bahwa target peserta yang mengikuti dapat dikatakan berhasil

References

Alten, D. C. D. Van, Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effects of flipping the classroom on learning outcomes and satisfaction?: A meta-analysis. Educational Research Review Journal, 28(November 2018), 1–18.

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422.

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education?: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(April), 101586.

Ida, Nengah, Handayani. 2019. Kegunaan Model Pembelajaran Inovatif di Perguruan Tinggi. Jurnal Internasional Ilmu Sosial, 2 (1), 38-43

Kemdikbud. (2016). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemdikbud.

Magyar, A., Krausz, A., & Hab, A. (2020). Exploring Hungarian teachers ’ perceptions of inclusive education of SEN students. Heliyon, 6(March).

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika),12(1), 51-65

PRIHANDOKO, Yogi. Cognitive moral: Merangsang perkembangan perilaku moral siswa sekolah dasar melalui pendekatan kognitif. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, [S.l.], v. 10, n. 2, feb. 2023. ISSN 2502-1648. Available at: <https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/29309>. Date accessed: 14 oct. 2023. doi:https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i2.29309.

Syafnidawaty. 2020 . Model Pembelajaran Cooperative Learning. https://raharja.ac.id/author/wati/

Downloads

Published

2023-10-19

How to Cite

Darmiyati, D., Sunarno, S., & Prihandoko, Y. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMATAN SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8891–8895. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19881