PARENTING SKILL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PEMBENTUKAN KARAKTER POSITIF ANAK

Authors

  • Hayati Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Aceh
  • Wirda Wirda Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Aceh
  • Erly Mauvizar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Aceh
  • Ani Darliani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19876

Keywords:

Parenting Skill, Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Keterlibatan Orang tua sangat diperlukan dalam mendidik anak-anaknya sejak usia dini karena orang tua merupakan guru pertama dirumah serta orang yang pertama berinteraksi dengan anaknya. Pengetahuan Parenting merupakan Faktor yang dapat mempengaruhi Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Pembentukan karakter anak akan dipengaruhi oleh proses pendidikan yang diberikan orangtua pada anak. Anak akan memperoleh banyak pengaruh positif dengan keterlibatan orangtua yang intensif terhadap tumbuh kembang anak. Setiap orang tua hendaknya dapat meningkatkan pengetahuan parenting agar proses hubungan antara orang tua dan anak dalam tumbuh kembang dan mendidik anak dapat optimal. Edukasi Parenting Skill bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan karakter pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah presentasi materi, tanya jawab dan diskusi kepada wali siswa TK Alam Bukit Pedas. Hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Alam Bukit Pedas Cot Raya Aceh Besar dapat diuraikan sebagai berikut: peningkatkan pengetahuan dan pemahaman tugas sebagai orangtua, meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya pendidikan karakter, bagaimana membangun karakter anak, juga mengetahui kunci keberhasilan pendidikan

References

Adriana, N. G., & Zirmansyah, Z. (2021). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 1(1), 40-51.

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61-71.

Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Irmalia, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 5(1), 31-37.

Juanda. (2018). Revitalization Of Values In Fairy Tales As A Vehicle For Early Childhood Character Formation. Journal Of Library Culture, 5(2), 11–18

Lestari, P. I., & Prima, E. (2020). Pelibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (Sintesa) (Vol. 3).

Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, P. B. (2020). Pengaruh Parenting Style Dan Personality Genetic Terhadap Pengembangan Pedidikan Karakter Anak Di Paud Islamic School. Quality, 8(1), 51-67.

Wadu, L. B., Kasing, R. N. D., Gultom, A. F., & Mere, K. (2021, April). Child Character Building Through The Takaplager Village Children Forum. In 2nd Annual Conference On Social Science And Humanities (Ancosh 2020) (Pp. 31-35). Atlantis Press.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Hayati, H., Wirda, W., Mauvizar, E. ., & Darliani, A. (2023). PARENTING SKILL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PEMBENTUKAN KARAKTER POSITIF ANAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9636–9640. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19876