PEMANFAATAN LAPORAN KEUANGAN KAS MASJID BERBASIS WEB

Authors

  • Andri Nata STMIK Royal Kisaran
  • Nasrun Marpaung STMIK Royal Kisaran
  • Rolly Yesputra STMIK Royal Kisaran
  • Afdhal Syafnur STMIK Royal Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1987

Keywords:

Website, Aplikasi Keuangan, Masjid

Abstract

Kemajuan teknologi komputer sebagai pendukung pemrosesan data dan informasi telah menjadi kebutuhan pokok dalam bidang apapun. Pemanfaatan Sistem Informasi sebagai bentuk transparansi kegiatan masjid Ar-Ramadhan dalam peningkatan kualitas kinerja BKM dalam era modern tentunya membutuhkan media informasi seperti website untuk menyediakan informasi yang uptodate sebagai bentuk kepedulian dan bentuk kinerja yang baik yang dapat diakses oleh masyarakat sekitar Dusun 2 Kede Nangka Desa Urung pane. Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dalam pengelolaan keuangan harus bersifat transparansi agar para jamaah memiliki kepercayaan dan nyaman dalam berinfaq dan menyalurkan sumbangannya ke masjid tersebut. Untuk itu diperlukan pengelolaan laporan keuangan berbasis web dimana dalam pemanfaatannya bisa menampilkan data yang akurat dan mudah dimudahkan. Fitur yang digunakan dalam aplikasi ini dapat menampilkan laporan per-hari, per-bulan dan per-tahun sesuai kategori yang diinginkan. Sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP yang menghasilkan aplikasi yang dapat diakses dari manapun dan kapanpun sehingga memudahkan pengguna. Aplikasi pemanfaatan laporan keuangan berbabasi web juga merupakan aplikasi yang dapat mengelola informasi kas masjid yang memudahkan masyarakat dusun 2 Kede Nangka Desa Urung pane dalam mengelola transaksi keuangan kas masjid.

Author Biographies

Andri Nata, STMIK Royal Kisaran

Manajemen Informatika, STMIK Royal Kisaran

Nasrun Marpaung, STMIK Royal Kisaran

Sistem Informasi, STMIK Royal Kisaran

Rolly Yesputra, STMIK Royal Kisaran

Sistem Informasi, STMIK Royal Kisaran

Afdhal Syafnur, STMIK Royal Kisaran

Sistem Komputer, STMIK Royal Kisaran

References

S. Supriyono and E. Muslimah, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kas Berbasis Web Studi Kasus: RS dr. Etty Asharto Batu,†Matics, vol. 10, no. 1, p. 21, 2018, doi: 10.18860/mat.v10i1.4302.

A. I. N. Muhammad Agung Setiabudi, “Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Motor Custom Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter,†J. Manag. Inf., vol. 9, p. 2, 2019.

Y. Nurhayati, “Aplikasi Akuntansi Penatausahaan Keuangan Desa Menggunakan Framework Codeigniter,†Buff

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Nata, A., Marpaung, N., Yesputra, R., & Syafnur, A. (2021). PEMANFAATAN LAPORAN KEUANGAN KAS MASJID BERBASIS WEB. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 499–502. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1987