PKM KREATIFITAS DAN PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI MAHASISWA

Authors

  • Lasino Lasino Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta
  • Limunada Umbase Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta
  • Tonahati Tonahati Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta
  • Merdiati Marbun Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta
  • Ronne AY Teintang Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta
  • Tri Widiarto Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19793

Keywords:

Jurnal PKM, Artikel Ilmiah, Penulisan, PKM-KM

Abstract

Pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah adalah tahap penting dalam mempersiapkan proposal Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-KM) yang unggul. Sebuah artikel ilmiah yang berkualitas tidak hanya harus menggambarkan penelitian secara sistematis dan jelas, tetapi juga harus menunjukkan relevansinya dan kontribusinya dalam domain yang dipilih. Oleh karena itu, mahasiswa harus memiliki pemahaman tentang dasar-dasar penulisan artikel ilmiah, struktur yang benar, serta teknik dan strategi penulisan yang efektif. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menulis artikel ilmiah. Hal ini diperlukan sebagai langkah efisien dan efektif untuk mengubah proposal menjadi sebuah karya tulis ilmiah yang kualitatif. Di era teknologi yang berkembang pesat saat ini, PKM menjadi salah satu sarana yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dengan cepat dan tepat, khususnya dalam menghasilkan karya tulis ilmiah. Metode pelatihan mencakup berbagai sesi seperti presentasi, diskusi, dan latihan praktis dalam penulisan. Peserta akan dikenalkan dengan langkah-langkah kunci dalam penulisan artikel ilmiah, seperti pemilihan topik, penyusunan abstrak, identifikasi pertanyaan penelitian, tinjauan literatur, pengembangan kerangka pemikiran, pengumpulan dan analisis data, serta pembahasan hasil, simpulan, saran, dan penyusunan daftar referensi. Harapannya, pelatihan ini akan memberikan pemahaman mendalam tentang penulisan artikel ilmiah dan akan meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun proposal serta menulis karya ilmiah yang sesuai standar jurnal.

References

Bernardin And Russell, 1998, Human Resource Management, Second Edition, Singapore, McGraw-Hill Book Co,1998),hal.172

https://kbbi.web.id/latih, diakses pada tanggal 4 Desember 2017

Ahyar, Juni (2015). Bahasa Indonesia dan Penulisan Ilmiah (PDF). Lhokseumawe: BieNa Edukasi. ISBN 978-602-1068-05-2.

Das, S. W. H., dan Halik, A. (2019). Kiat Menulis Karya Ilmiah; Skripsi dan Tesis (PDF). Gowa: Alauddin University Press. ISBN 978-602-237-779-5.

Rosmiati, Ana (2017). Dasar-dasar Penulisan Ilmiah (PDF). Surakarta: ISI Press. ISBN 978-602-60651-8-6.

Suyanto dan Jihad, A. (2009). Betapa Mudah Menulis Karya Ilmiah (PDF). Yogyakarta: Penerbit Eduka. ISBN 978-979-18882-64.

Suyono, dkk. (2016). Cerdas Menulis Karya Ilmiah (PDF) (edisi ke-2). Malang: Penerbit Gunung Samudera. ISBN 9786021223413.

Widodo, Agus Pratomo Andi (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah (PDF). Sidoarjo: Nizamia Learning Center. ISBN 978-602-5852-07-7.

Zulmiyetri, dkk. (2019). Penulisan Karya Ilmiah (PDF). Jakarta: Prenadamedia Group. ISBN 978-623-218-360-5.

Downloads

Published

2023-10-12

How to Cite

Lasino, L., Umbase, L. ., Tonahati, T., Marbun, M. ., Teintang, R. A. ., & Widiarto, T. . (2023). PKM KREATIFITAS DAN PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI MAHASISWA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8641–8647. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19793