PELATIHAN PEMASARAN DAN KEUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DI MALANG RAYA

Authors

  • Wuryan Andayani Universitas Brawijaya
  • Sutrisno T Universitas Brawijaya
  • Maharani Wuryantoro Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19777

Keywords:

Pengguna Internet, Umkm, E-Commerce

Abstract

Penggunaan internet di Indonesia semakin meningkat dan menunjukkan tren positif, dengan jumlah pengguna internet mencapai sekitar 196 juta jiwa atau sekitar 72,8% dari total populasi Indonesia pada tahun 2022. Pertumbuhan e-commerce juga meningkat, dengan total nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai USD 40 miliar pada tahun 2020, meningkat sebesar 37,46% dari tahun sebelumnya. Namun, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan penggunaan internet di Indonesia, seperti tingkat literasi digital yang rendah di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di wilayah pedesaan. UMKM merupakan sektor usaha yang cukup vital bagi perekonomian Indonesia, namun banyak yang kesulitan dalam mengakses pasar yang lebih luas dan dalam hal manajemen dan sumber daya manusia. Pandemi COVID-19 juga memberikan dampak yang signifikan pada sektor UMKM di Indonesia, namun pemerintah telah memberikan berbagai kebijakan dan program dukungan bagi UMKM untuk membantu bertahan dan berkembang di masa pandemi. Program pelatihan ini dikemas dengan penyampaian materi, pelatihan pengembangan strategi UMKM di Malang Raya akan dilakukan dengan metode ceramah, Focus Group Discussion (FGD) dan langsung praktek dalam melakukan pembukuan. Pemateri akan menyediakan handout sebagai bahan bacaan peserta dan menyampaikan atau menjelaskan dalam tayangan power point. Peserta lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh pemateri atau instruktur dengan metode pemberian materi melalui handout dan power point. Pelatihan berjalan lancar. Peserta memahami materi yang diberikan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat. Peserta memahami pentingnya digital marketing dan manfaat yang dapat diperoleh UMKM dari komputerisasi akuntan. Manfaat komputerisasi akuntansi adalah dapat memudahkan proses pengelolaan keuangan, seperti pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan dan pengelolaan arus kas. Komputerisasi akuntansi juga dapat meningkatkan akurasi dan keamanan data, dapat mempercepat proses akuntansi, dapat mempercepat proses akuntansi dan menghemat waktu, sehingga pemilik UMKM dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

References

Apjii. (2022). Penetrasi Internet Di Kalangan Remaja Tertinggi Di Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Apjii). Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/06/10/Penetrasi-Internet-Di-Kalangan-Remaja-Tertinggi-Di-Indonesia

Bank Indonesia. (2020). Kegiatan Penguatan Ekosistem Umkm Di Indonesia. Bi.Co.Id. Https://Www.Bi.Go.Id/Id/Fungsi-Utama/Stabilitas-Sistem-Keuangan/Pengembangan-Umkm/Default.Aspx

Cnbc Indonesia. (2022). Transaksi E-Commerce Indonesia Diproyeksikan Capai Rp 403 Triliun Pada 2021. Cnbcindonesia.Com. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/11/25/Transaksi-E-Commerce-Indonesia-Diproyeksikan-Capai-Rp-403-Triliun-Pada-2021

Ekuin. (2022). Mudahkan Perizinan Berusaha Umkm, Pemerintah Dorong Penguatan Ekosistem Umkm Melalui Uu Cipta Kerja - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Ekon.Go.Id. Https://Www.Ekon.Go.Id/Publikasi/Detail/4736/Mudahkan-Perizinan-Berusaha-Umkm-Pemerintah-Dorong-Penguatan-Ekosistem-Umkm-Melalui-Uu-Cipta-Kerja

Kemenkopukm. (2020). Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah. Kemenkopukm.Go.Id. Https://Kemenkopukm.Go.Id/

Kompas. (2019). Penetrasi Internet Indonesia Naik Jadi 56 Persen. Kompas.Com. Https://Tekno.Kompas.Com/Read/2019/02/04/11420097/Riset-Penetrasi-Internet-Indonesia-Naik-Jadi-56-Persen?Page=All

Voaindonesia. (2022). Pertumbuhan Ekonomi Digital Meningkat, Dirjen Aptika: Digital Trust Jadi Hal Fundamental Bangun Kepercayaan Pengguna – Ditjen Aptika. Voaindonesia.Com. Https://Aptika.Kominfo.Go.Id/2022/02/Pertumbuhan-Ekonomi-Digital-Meningkat-Dirjen-Aptika-Digital-Trust-Jadi-Hal-Fundamental-Bangun-Kepercayaan-Pengguna/

Downloads

Published

2023-10-12

How to Cite

Andayani, W. ., T, S. ., & Wuryantoro, M. . (2023). PELATIHAN PEMASARAN DAN KEUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DI MALANG RAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8606–8611. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19777