PENDAMPINGAN RINTISAN SEKOLAH INKLUSI DI KABUPATEN MAGELANG

Authors

  • Astuty Astuty Universitas Tidar
  • Farikah Farikah Universitas Tidar
  • Herpindo Herpindo Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19718

Keywords:

Adaptasi Kurikulum, Kebutuhan khusus, Sekolah Inklusi

Abstract

Keragaman peserta didik di kelas inklusif merupakan keniscayaan. Keragaman dapat terjadi karena berbagai sebab, salah satunya keragaman karena siswa memiliki kebutuhan khusus. Pada konteks ini harus dilakukan proses adaptasi kurikulumdi MI Al Islam Krasak Salam Kabupaten Magelang agar dapat memenuhi keragaman peserta didik. Hasil pengabdian ini menawarkan rujukan bagi guru dalam melakukan proses adaptasi kurikulum di kelas inklusif. Kerangka kerja adaptasi kurikulum didasarkan pada tiga prinsip pendidikan inklusif yaitu kehadiran, partisipasi dan prestasi. Ketiganya harus secara seimbang menjadi landasan kerja adaptasi kurikulum. Pelaksanaan adaptasi kurikulum dilakukan pada tiga dimensi yaitu kurikuler, instruksional dan lingkungan pembelajaran. Pada bagian akhir dijelaskan secara singkat strategi pengembangan rencana pembelajaran dari kurikulum yang diadaptasi. Luaran pengabdian tahun pertama yang sudah terlaksana meliputi (1) Hasil pemetaan anak berkebutuhan khusus, (3) Kurikulum Sekolah Pendidikan Inklusi, (3) Rencana Tahunan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Tahun kedua rencana hasil pengabdian meliputi; Rapor dapodik dan raport narasi; Laporan Layanan Individual (RPP), Perangkat Penilaian, dan  Praktik pembelajaran di kelas yang tergabung dalam dokumen kurikulum rintisan sekolah inklusi. Hasil pengabdian ini diharapkan menjadi rujukan profesional bagi guru-guru di kelas inklusif.

References

Alfikri, F., Kebijakan Pendidikan Inklusi, A., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi. Syntax Literate?; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6).

Arum, S. K., Widyastono, H., & Sunardi, B. (2020). Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1). https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2487

Ayu, F., & Muzayin, A. (2021). Peranan Guru Melalui Pendidikan Inklusi dalam Menanamkan Sikap Sosial Siswa di SD Negeri 14 Mulyoharjo Pemalang. Jurnal Bashrah, 1(2).

Bahri, S. (2021). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754

Insiatun, I., Karya, G., Ediyanto, E., & Sunandar, A. (2021). Implementasi Pendidikan Inklusi pada Jenjang PAUD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11). https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p873-878

Mansir, F. (2021). Paradigma Pendidikan Inklusi Dalam Perspektif Pendidikan Islam: Dinamika Pada Sekolah Islam. Tadrib, 7(1).

Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2). https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152

Suparno, S., Praptiningrum, N., & Purwandari, E. (2019). Dampak implementasi pendidikan inklusi terhadap aspek akademik siswa lamban belajar (slow learner). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23795

Yunus, M., As, H., Hasyim, A., Yahya, M., & Sapinah. (2021). Mengenal dan Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Sekolah Ramah Anak. Jurnal IPMAS: Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 1(3).

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Astuty, A., Farikah, F., & Herpindo, H. (2023). PENDAMPINGAN RINTISAN SEKOLAH INKLUSI DI KABUPATEN MAGELANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9499–9504. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19718