WASTAFEL INOVATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SANITASI PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Siti Zulfa Yuzni Universitas Negeri Medan
  • Anita Yus Universitas Negeri Medan
  • Rosnelli Rosnelli Universitas Negeri Medan
  • Nahesson H. Panjaitan Universitas Negeri Medan
  • Zulfikar Taqiuddin Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19716

Keywords:

Wastafel Inovatif, Kebersihan Diri, Media Pembelajaran

Abstract

Pengenalan kebersihan harus ditanamkan pada anak sejak usia dini. Proses pengenalan dan pemahaman akan arti kebersihan diri dan lingkungan memerlukan sarana atau media, sehingga anak dengan cepat dapat memahami dan mengaplikasikannya. Salah satu media yang dapat diperkenalkan kepada anak dalam proses pembelajaran sanitasi adalah wastafel inovatif. Peran dan fungsi wastafel ini sebagai tempat untuk mencuci tangan untuk anak. Tujuan yang akan dicapai adalah anak dapat mencuci tangan dengan baik dan benar. Setiap anak harus dapat melakukan kegiatan cuci tangan dengan sabun setelah anak melakukan kegiatan bermain untuk menghindari penyebaran penyakit. Bentuk wastafel inovatif didesain menarik dengan memperhatikan profil dan karakter anak. Bentuk dan warna merupakan hal yang dapat dieksplorasi sehingga anak tertarik untuk melakukan proses sanitasi pada dirinya. Penerapan konsep pembelajaran sanitasi dilakukan di sekolah PAUD-RA Bunda Asih. Pemilihan sekolah berdasarkan pada belum tersedianya media untuk mencuci tangan dalam bentuk wastafel, sehingga anak mengabaikan kebersihan diri karena terlepas dari pengawasan para guru. Kondisi ini menjadi kendala bagi guru untuk mengenalkan sanitasi hidup sehat secara baik dan benar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan pengembangan desain sanitasi yang menarik kreatif dan inovasi yang merangsang kreatifitas dan kebiasaan anak untuk selalu menjaga kebersihan diri dan membiasakan mencuci tangan untuk kebersihan dirinya.

References

Eka Sapti Cahyaningrum, Sudaryanti, N. A. P. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Ervira, F., Panadia, Z. F., Veronica, S., & Herdiansyah, D. (2021). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Pemberian Vitamin untuk Anak-Anak. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), Vol 4(No 1), 234–239. https://www.unicef.org/indonesia/sites/unicef.org.indonesia/files/2020-05/Panduan-Praktis-untuk-Pelaku-Bisnis-dalam-mendukung-WASH-2020.pdf

Fathihani;, Herawaty; Yanti, & Apriani, A. (2021). Penggunaan Herbal Imuniti Di Masa New Normal. Andhara, 1(1), 85–96.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok a Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.294

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64.

Refranisa, R., & Saputra, C. (2020). Pengembangan Desain Ruang Kelas Dalam Upaya Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 406. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3260

Tedju Hinga, I. A., & Adu, A. (2021). Edukasi Kebiasaan Cuci Tangan Dengan Penerapan Metode Bernyanyi Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Menular Pada Murid Sd Negeri Tuadale Kabupaten Kupang. GEMASSIKA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 31. https://doi.org/10.30787/gemassika.v5i1.565

Widiyati Tri. (2018). PENDIDIKAN KESELAMATAN DIRI ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Kelompok Bermain (KB) Gaharu Plus Kutai Kartanegara). Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 13(2), 113–123.

Yus, A., Eza, G. N., & Ray, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Proyek Berbasis Bermain Dan Digital Sebagai Strategi Pengembangan Karakter Mahasiswa Calon Guru PAUD. Jurnal Tematik, 10(1), 8–15.

Yuzni, S. Z. (2020). Desain Ruang Bermain Anak Usia Dini Sebagai Strategi Pengembangan Karakter Anak. Tematik Universitas Negeri Medan, 10(2), 113–120.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Yuzni, S. Z., Yus, A. ., Rosnelli, R., Panjaitan, N. H. ., & Taqiuddin, Z. . (2023). WASTAFEL INOVATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SANITASI PADA ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8790–8796. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19716