PELATIHAN PROJEK PENGUATAN PROFL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SATUAN PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN PULAU MOROTAI

Authors

  • Irawati Sabban Universitas Pasifik Morotai
  • G. Karlos Papingka Universitas Pasifik Morotai
  • Fahmi Jaguna Universitas Pasifik Morotai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19714

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Nilai-Nilai Pancasila, Kearifan Lokal

Abstract

SD Negeri Unggulan 1 Pulau Moroai merupakan sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Kelemahan dalam penerapannya adalah memahami dan merancang projek profil pelajar pancasila. Program pelatihan projek penguatan profil pelajar pancasila berbasis kearifan lokal pada satuan pendidikan dasar Kabupaten Pulau Morotai merupakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu instrument untuk menyebarluaskan profil pancasila yang diharapkan sebagai karakter pelajar Indonesia. Tujuan pengabdian adalah untuk meningkatkan pemahaman guru dan mampu mengaplikasikan projek profil pelajar pancasila berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran dan asesmen di Sekolah Dasar. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pelatihan. Berdasarkan evaluasi setelah dilakukan pelatihan diperoleh hasil bahwa pemahaman kategorisasi kelas kedalam penyebutan fase masih belum dipahami oleh guru, sehingga setelah mengikuti pelatihan ini ada peningkatan pengetahuan dan pemahaman yang sangat baik berdasarkan hasil pengisian kuisioner oleh para peserta pelatihan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan sangat lancar karena dukungan dari berbagai pihak, khususnya partisipasi peserta yang sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pelatihan. Dengan demikian kegiatan sosialisasi ini hendaknya kedepan dilakukan pada sasaran yang lebih luas lagi dan materinya dapat dikembangkan lebih luas lagi sehingga pengetahuan dan pemahaman peserta kegiatan dapat lebih meningkat lagi.

References

Asiati S, Hasanah U. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. 2022 Dec 23;19(2):61–72.

Anggraena, Y. dkk. Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Edisi 1. Jakarta: Badan Penelitian dan Perbukuan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020.

Fathurrohman, M. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2015

Rani Kusuma Ningtyas, (2021) Konsepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Profil Pelajar Pancasila. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Rizky, S. dkk. Panduang Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 2022

Wibiyanto, Ferliana Syahputro. (2021). Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Skripsi: Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rani Kusuma Ningtyas, (2021) Konsepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Profil Pelajar Pancasila. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Sabban, I. ., Papingka, G. K. ., & Jaguna, F. . (2023). PELATIHAN PROJEK PENGUATAN PROFL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SATUAN PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN PULAU MOROTAI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8586–8590. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19714