RASA CEMAS MENJELANG PERSALINAN PADA KOMUNITAS KELAS IBU HAMIL

Authors

  • Veradilla Veradilla STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Faulia Mauluddina STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Untari Anggeni STIKES Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19703

Keywords:

Rasa Cemas, Persalinan, Ibu Hamil

Abstract

Persalinan atau kelahiran merupakan kejadian fisiologis dalam kehidupan dan perjuangan penuh risiko bagi seorang perempuan, Perasaan cemas seringkali menyertai pada masa kehamilan dan akan mencapai puncaknya pada saat persalinan hal ini terdapat di dalam jurnal. Tujuan dari Pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan  pengetahuan masyarakat tertutama pada ibu hamil tentang mengatasi rasa cemas menjelang persalinan di komunitas kelas ibu hamil, dan mensosialisasikan keberadaan STIKES Mitra Adiguna Palembang Prodi DIII Kebidanan di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan untuk dapat mencapai target dari kegiatan ini adalah dengan cara pendekatan dan penyuluhan serta pemberian konseling bagi ibu hamil  Dengan demikian ibu hamil  akan mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang menunjang peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan masyarakat tentunya. Luaran akhir dari kegiatan ini adalah setiap ibu hamil mampu memahami cara mengatasi rasa cemas menjelang persalinan di komunitas ibu  hamil, sehingga dapat memberikan pemantauan terhadap ibu karena pelaksanaan yang kurang maksimal dapat menyebabkan ibu mengalami berbagai masalah, bahkan dapat berlanjut pada komplikasi menjelang persalinan.

References

Afriyani, L. (2023). Promosi Kesehatan Menggunakan Media Booklet Terhadap Peran Suam Mendampingi Persalinan Di Pmb Megawati. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan

Amalia, M., & Nurhayati, M. (2019). Pengaruh Konseling Terhadap Pengetahuan Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Pada Ibu Hamil Yang Berisiko Di Uptd Puskesmas Cikijing Kabupaten Majalengka Tahun 2019. Jurnal Kampus STIKES YPIB Majalengka, 7(15), 104–115.

Ana Yuliana, & Tri Wahyuni. (2020). Pengetahuan Ibu Hamil Primigravida Tentang Persiapan Persalinan Di Desa Wonorejo Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Infokes: Jurnal

Palifiana Arthyka, D., Khadijah, S., & Zakiyah, Z. (2019). Edukasi Telehealth Pada Ibu Hamil Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Persiapan Persalinan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Veradilla, V., & Rohani, R. (2022). Konseling Persalinan Di Masa Pandemi Covid-19. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 432–435.

Veradilla, Rohani. Pengaruh Konseling Tingkat Kecemasan Terhadap Pengetahuan Persiapan Persalinan Pada Primigravida Dimasa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. Jurnal Kebidanan : Jurnal Medical Science Ilmu Kesehatan Akademi Kebidanan Budi Mulia Palembang 2022;12:88–96.

Yukizawati, Aldina ayunda insani, lusiana El sinta, feni andriani. (2019). asuhan kebidanan pada persalinan. indomeda pustaka.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Veradilla, V., Mauluddina, F. ., & Anggeni, U. . (2023). RASA CEMAS MENJELANG PERSALINAN PADA KOMUNITAS KELAS IBU HAMIL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8504–8507. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19703