STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA HASIL KERAJINAN BORDIR PAYET DI DESA SIDOWARNO, WONOSARI, KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.19681Keywords:
Digital marketing, Kerajinan bordir payet, Pengrajin, Pengabdian masyarakatAbstract
Bordir payet merupakan salah satu kerajinan yang digunakan sebagai pelengkap keindahan busana. Payet berupa manik-manik dirangkai satu per satu sampai menghasilkan suatu pola tertentu untuk memperindah busana. Bordir payet merupakan salah satu produk kerajinan dari Desa Sidowarno yang memiliki potensi besar, tetapi sebagian besar pengrajin melakukan pemasaran masih secara konvensional sehingga penjualan tidak dapat maksimal. Pada era digitalisasi ini, pemasaran bisa lebih efektif sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, Tim PPK Ormawa SIM UNS melaksanakan program pengabdian Di Desa Sidowarno dengan tujuan memberikan pendampingan terkait strategi digital marketing guna meningkatkan pemasaran hasil kerajinan bordir payet. Berdasarkan observasi dan wawancara kepada pengrajin payet Di Desa Sidowarno, tim melakukan analisis untuk solusi yang dapat diberikan. Para pengrajin dikumpulkan dalam sebuah kelompok usaha yang bernama Kelompok Bordir Payet Cahaya Berdikari. Kemudian, tim memberikan fasilitas guna pengembangan digital marketing, yaitu melalui pembuatan akun Shopee dan Instagram guna realisasi pemasaran produk secara online. Dengan demikian, penjualan produk kerajinan payet lebih meningkat. Selain itu, dengan adanya koordinasi promosi satu pintu dari kelompok maka tidak terjadi ketimpangan dan persaingan harga antar pengrajin.References
Amalia, N., & Wahyuningsih, U. (2021). PENERAPAN HIASAN MOTIF DAUN KELAPA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BORDIR DAN PAYET PADA BUSANA PENGANTIN. Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/baju.v2n1.p1-8
Arief, M. H., Ramadhany, E. D., Wirayudha, A. F., & Arifin, I. F. (2023). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING MELALUI PERIKLANAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENDUKUNG VISIBILITAS. Journal, Communnity Development, 4(4), 7381–7389. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18874
Banjarnahor, A. R., Muhardono, A., Heykal, M., Permadi, L. A., Sudarso, A., Sahir, S. H., ... &, & Pratikna, R. N. (2023). Digital Enterpreneurship dan Inovasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.
JAYATANTI, F. D., SETYA, I., & TEGUH, H. W. (2021). TEKNIK COPYWRITING HARGA UNTUK MARKETING ONLINE BAGI PELAKU UMKM KERAJINAN DAN SOUVENIR DI DESA PUCANG, KABUPATEN MAGELANG. Bakti Humaniora, I(2), 21–27. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.2043
Malinda, P., & Suhartini, R. (2020). Penerapan Patchwork dan Payet pada Busana Pesta Malam dengan Tema Vie Ancienne. BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 1(2), 82–90. https://doi.org/10.26740/baju.v1n2.p82-90
Nandhita, A. H., Harto, B., & Panji, P. (2023). Efektifitas Komunikasi Pemasaran Bisnis UMKM Melalui Fitur Reels Instagram. Komversal, 5(1), 40–51. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i1.1204
Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Edlyn, K. A. (2021). PELATIHAN TEKNIK FOTO PRODUK MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN VISUAL BRANDING USAHA RINTISAN. 1(3), 2797–9210. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i3.126
Rachmadi, T. (2020). The Power of Digital Marketing. TIGA E Book.
Suranto, S., Efita Sari, D., Narimo, S., Ulfatun, T., Hadi Mustofa, R., Suwandi, J., Fahmi Johan Syah, M., Jatmika, S., Nur Wahyudi, T., Chairil Asmawan, M., Annang Setiyawan, Y., & Azhar Hendawan, H. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 123–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2473
Zhang, W. (2020). Application of traditional embroidery techniques aided by image design software in modern clothing design. Journal of Physics: Conference Series, 1648(3). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1648/3/032072
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosi Nur Safitri, Muhammad Ibnu Athoillah, Nori Laras Wati, Anantasya Indah Budianto, Salsabila Maharani, Nofa Eka Listiani, Alga Amolu Subarno, Dimas Fauzi Anas, Adelia Pebrina Liestyabudi, Eddy Heraldy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.