STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA HASIL KERAJINAN BORDIR PAYET DI DESA SIDOWARNO, WONOSARI, KLATEN

Authors

  • Rosi Nur Safitri Universitas Sebelas Maret
  • Muhammad Ibnu Athoillah Universitas Sebelas Maret
  • Nori Laras Wati Universitas Sebelas Maret
  • Anantasya Indah Budianto Universitas Sebelas Maret
  • Salsabila Maharani
  • Nofa Eka Listiani Universitas Sebelas Maret
  • Alga Amolu Subarno Universitas Sebelas Maret
  • Dimas Fauzi Anas Universitas Sebelas Maret
  • Adelia Pebrina Liestyabudi Universitas Sebelas Maret
  • Eddy Heraldy Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.19681

Keywords:

Digital marketing, Kerajinan bordir payet, Pengrajin, Pengabdian masyarakat

Abstract

Bordir payet merupakan salah satu kerajinan yang digunakan sebagai pelengkap keindahan busana. Payet berupa manik-manik dirangkai satu per satu sampai menghasilkan suatu pola tertentu untuk memperindah busana. Bordir payet merupakan salah satu produk kerajinan dari Desa Sidowarno yang memiliki potensi besar, tetapi sebagian besar pengrajin melakukan pemasaran masih secara konvensional sehingga penjualan tidak dapat maksimal. Pada era digitalisasi ini, pemasaran bisa lebih efektif sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, Tim PPK Ormawa SIM UNS melaksanakan program pengabdian Di Desa Sidowarno dengan tujuan memberikan pendampingan terkait strategi digital marketing guna meningkatkan pemasaran hasil kerajinan bordir payet. Berdasarkan observasi dan wawancara kepada pengrajin payet Di Desa Sidowarno, tim melakukan analisis untuk solusi yang dapat diberikan. Para pengrajin dikumpulkan dalam sebuah kelompok usaha yang bernama Kelompok Bordir Payet Cahaya Berdikari. Kemudian, tim memberikan fasilitas guna pengembangan digital marketing, yaitu melalui pembuatan akun Shopee dan Instagram guna realisasi pemasaran produk secara online. Dengan demikian, penjualan produk kerajinan payet lebih meningkat. Selain itu, dengan adanya koordinasi promosi satu pintu dari kelompok maka tidak terjadi ketimpangan dan persaingan harga antar pengrajin.

References

Amalia, N., & Wahyuningsih, U. (2021). PENERAPAN HIASAN MOTIF DAUN KELAPA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BORDIR DAN PAYET PADA BUSANA PENGANTIN. Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/baju.v2n1.p1-8

Arief, M. H., Ramadhany, E. D., Wirayudha, A. F., & Arifin, I. F. (2023). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING MELALUI PERIKLANAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENDUKUNG VISIBILITAS. Journal, Communnity Development, 4(4), 7381–7389. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18874

Banjarnahor, A. R., Muhardono, A., Heykal, M., Permadi, L. A., Sudarso, A., Sahir, S. H., ... &, & Pratikna, R. N. (2023). Digital Enterpreneurship dan Inovasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

JAYATANTI, F. D., SETYA, I., & TEGUH, H. W. (2021). TEKNIK COPYWRITING HARGA UNTUK MARKETING ONLINE BAGI PELAKU UMKM KERAJINAN DAN SOUVENIR DI DESA PUCANG, KABUPATEN MAGELANG. Bakti Humaniora, I(2), 21–27. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.2043

Malinda, P., & Suhartini, R. (2020). Penerapan Patchwork dan Payet pada Busana Pesta Malam dengan Tema Vie Ancienne. BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 1(2), 82–90. https://doi.org/10.26740/baju.v1n2.p82-90

Nandhita, A. H., Harto, B., & Panji, P. (2023). Efektifitas Komunikasi Pemasaran Bisnis UMKM Melalui Fitur Reels Instagram. Komversal, 5(1), 40–51. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i1.1204

Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Edlyn, K. A. (2021). PELATIHAN TEKNIK FOTO PRODUK MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN VISUAL BRANDING USAHA RINTISAN. 1(3), 2797–9210. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i3.126

Rachmadi, T. (2020). The Power of Digital Marketing. TIGA E Book.

Suranto, S., Efita Sari, D., Narimo, S., Ulfatun, T., Hadi Mustofa, R., Suwandi, J., Fahmi Johan Syah, M., Jatmika, S., Nur Wahyudi, T., Chairil Asmawan, M., Annang Setiyawan, Y., & Azhar Hendawan, H. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 123–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2473

Zhang, W. (2020). Application of traditional embroidery techniques aided by image design software in modern clothing design. Journal of Physics: Conference Series, 1648(3). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1648/3/032072

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Safitri, R. N., Athoillah, M. I., Wati, N. L., Budianto, A. I., Maharani, S., Listiani, N. E., Subarno, A. A., Anas, D. F., Liestyabudi, A. P., & Heraldy, E. (2023). STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA HASIL KERAJINAN BORDIR PAYET DI DESA SIDOWARNO, WONOSARI, KLATEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11939–11944. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.19681