PENDAMPINGAN UMKM MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA PLATFORM E-COMMERCE DALAM MEMAJUKAN PEREKONOMIAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19660Keywords:
Digital Marketing, Pendampingan, Platform E-Commerce, UMKMAbstract
UMKM memainkan peran kunci dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui akses ke platform digital. Dukungan pemerintah dan perkembangan teknologi membantu UMKM mencapai pasar yang lebih luas dan memperkuat ekonomi negara. Tujuan pendampingan ini adalah untuk melakukan peningkatan melalui pendampingan UMKM melalui pemanfaatan digital marketing pada platform e-commerce dalam memajukan perekonomian di Kota Bandung. Kegiatan pendampingan UMKM di Kota Bandung dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2023 dengan 20 UMKM sebagai sasaran. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participation Action Research (PAR) melalui tahapan tertentu. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu focus group discussion (FGD). FGD dilakukan melalui sosialisasi teknis melalui presentasi, dan penyuluhan dengan pre-post test untuk meningkatkan pengetahuan tentang digital marketing. Hasil karya ini bahwa pendampingan UMKM di Kota Bandung dalam digital marketing sesuai dengan konsep segmentasi pasar Philip Kotler, dengan pelatihan dalam berbagai aspek pemasaran digital. Ini mencakup strategi pemasaran konten, media sosial, pemasaran melalui email, dan pemasaran mesin pencari. Implementasi praktik ini mendukung peningkatan visibilitas online dan pertumbuhan ekonomi lokal.References
Alfiana, A., Mulatsih, L. S., Kakaly, S., Rais, R., Husnita, L., & Asfahani, A. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN DESA EDUKASI DIGITAL DI ERA TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7113–7120.
Arif, A. N., & Yuniningsih, Y. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(3), 1–7.
Azizah, N., & Manobal, Z. (2023). Pendampingan Dan Pelatihan Bagi UMKM Di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo Mengenai Digital Marketing. Nusantara Mengabdi Kepada Negeri, 1(3), 7–12.
Bangun, B. H. (2022). Sinergisitas Pelaksanaan Strategi Dan Kebijakan Penanggulangan Bencana Pandemi Covid-19 Oleh Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(1), 293–311.
Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 194–211.
Fariyatin, F., Nuringwahyu, S., & Hardati, R. N. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ALAM BRUKOH HILL DAN WISATA SAWAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA. JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 10(1), 90–101.
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13.
Kahn, H. (2019). World economic development: 1979 and beyond. Routledge.
Kamil, I., Bakri, A. A., Salingkat, S., Ardenny, A., Tahirs, J. P., & Alfiana, A. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 517–526.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Gramedia Pustaka Utama.
Mansir, F., & Fatimah, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Pembukuan Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Pada UMKM Bangunjiwo Bantul. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 256–262.
Moridu, I., Purwanti, A., Melinda, M., Sidik, R. F., & Asfahani, A. (2023). EDUKASI KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM KOMUNITAS HIJAU UNTUK MENGINSPIRASI AKSI BERSAMA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7121–7128.
Nugroho, A. P., Asfahani, A., Sugiarto, F., Sufyati, H. S., & Setiono, A. (2023). Community Assistance in Utilizing Sharia-Based Digital Banking. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 519–530.
Panuju, R. (2019). Komunikasi pemasaran: pemasaran sebagai gejala komunikasi komunikasi sebagai strategi pemasaran. Prenada Media.
Pauly, L. W. (2018). Who elected the bankers?: surveillance and control in the world economy. In Who Elected the Bankers? Cornell University Press.
Riyanto, A., & Fathoni, M. (2022). ANALISIS ANT (ACTOR NETWORK THEORY) DALAM PRESIDENSI G20 ARAB SAUDI TAHUN 2020 UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN PEREKONOMIAN GLOBAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Hubungan Internasional Peradaban, 1(1), 23–60.
Sahla, H., Sayuti, M., Syahputra, R., & Arif, A. (2019). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir, 5(2).
Sarfiah, S. N., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189.
Sassen, S. (2018). Cities in a world economy. Sage Publications.
Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Berampu, L. T. (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing bagi Usaha Kecil. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 1(2), 77–84.
Soekandar, A. J., & Pratiwi, P. (2023). Difusi Inovasi untuk Keberlanjutan Bisnis Ritel Kecil: Strategi Pemasaran Digital. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 81–99.
Sukmasetya, P., Muliasari, M., Anggraini, A., Zidda, F., Arifaini, H. N., & Mas’ ud, A. A. (2023). Application of digital marketing in the efforts to develop MSMEsin Baleangung Village, Grabag District, Magelang Regency. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(1), 125–132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Prety Diawati, Bambang Triputranto, Rukmi Juwita, Dina Mayadiana Suwarma, Jenuri Jenuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.