PERAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI SDN 091422 BAHBUTONG II SIDAMANIK

Authors

  • Said Agil Ad Drain Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fadilah Wulandari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendra Setiawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zainun Zainun Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19637

Keywords:

Pendidikan, Pengabdian, KKN

Abstract

Pendidikan adalah fondasi utama dalam pembangunan masyarakat dan negara. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu upaya untuk melibatkan mahasiswa perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tertentu. Dalam konteks penelitian ini, kami menyelidiki peran mahasiswa KKN dalam meningkatkan pendidikan di SDN 091422 Bahbutong II Sidamanik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa KKN memainkan peran yang sangat aktif dalam proses pembelajaran. Mereka bukan hanya pengamat, tetapi juga fasilitator yang membantu pengembangan pembelajaran yang lebih baik. Mahasiswa KKN berpartisipasi dalam pelatihan program pengajaran, membantu dalam perbaikan peraturan sekolah, dan menciptakan suasana belajar yang interaktif dengan strategi pembelajaran kreatif. Selain itu, mereka menjalankan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa, termasuk pembelajaran di luar sekolah dan pemberian motivasi. Saran yang diusulkan meliputi peningkatan kolaborasi dengan sekolah dan masyarakat setempat, penyediaan pelatihan dan dukungan bagi mahasiswa KKN, pengukuran dampak yang berkelanjutan, pengembangan model pembelajaran inovatif, kampanye pendidikan masyarakat, pengembangan jaringan kolaborasi, dan menjaga konsistensi program KKN. Penelitian ini menegaskan bahwa program KKN memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan dampak positif dalam komunitas pendidikan dan masyarakat setempat. Dengan implementasi saran-saran yang tepat, program KKN dapat menjadi sarana yang lebih efektif untuk menghubungkan dunia perguruan tinggi dengan masyarakat dan mendukung pembangunan pendidikan yang lebih baik.

References

Abdulatip, M. (2023). Desa Dalam Mengembangkan Pendidikan Masyarakat: Studi Deskriptif: Pengabdian Tutor Inspiratif Gerakan Mengajar Desa 1.0 Di Desa. Sukasari Kecamatan.

Assidiq, I., Firdiani, D., Jabri, U., Samad, I. S., & (2023). Kkn Tematik Universitas Muhammadiyah Enrekang: Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Dan Kesehatan Di Desa Pasang Kecamatan Maiwa. Maspul

Asriati, Novia Aisah, Iswatun Hasanah, and Resti Fauzy. (2021). Peran Mahasiswa KKN Dalam Bidang Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19.ProceedingsUin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(12), 140-155

Aliyyah, R.R. et al. (2021) ‘Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), pp. 663–676.

Kepala Desa dan Sekretaris desa Bandar KualaLestari, S., Ardian, N. and Harahap, N. (2021) ‘Implikasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Mendidik Generasi Qurani di Masa Pandemi Covid-19’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), pp. 81–86.

Muslim, A.H. and Zulbaidah (2021) ‘Pemberdayaan Pendidikan Pengetahuan Dasar dan Keagamaan Masyarakat di Dusun Kaduheleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang’, Proceeding UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Ni’am, K. and Lubis, F.A. (2019) ‘Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Desa Cibanteng’, Abdi Dosen?: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Purba, S. A. A. D. ., Wulandari, F., Setiawan, H. ., & Zainun, Z. (2023). PERAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI SDN 091422 BAHBUTONG II SIDAMANIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8361–8364. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19637