IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BERBASIS KONTEN PADA USAHA KELOMPOK PERIKANAN AN'NISA

Authors

  • Andi Fauziah Yahya Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Mardiatul Jannah Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Andi Jamiati Paramita Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Nabila Fauziah Aprilianti Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Muh. Ihsan Ramadhan Ramadhan B Institut Teknologi dan Bisnis Kalla

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19504

Keywords:

Konten Promosi, Produk Olahan Bandeng, Pemasaran Digital, Pemberdayaan Perempuan

Abstract

Di era industri 4.0 seperti saat ini, penerapan teknologi disegala lini kehidupan masyarakat tidak lagi bisa ternafikkan. Penggunaan teknologi juga menjadi salah satu kunci dalam keberhasilan usaha maupun bisnis. Hal inilah yang dialami oleh Kelompok An’nisa yang berlokasi di Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep. Kelompok ibu-ibu rumah tangga ini terbentuk didasari akan keinginan untuk menambah penghasilan rumah tangga dengan mengolah  sumberdaya lokal ikan bandeng hasil tambak yang melimpah. Produk hasil olahan ikan bandeng berupa abon, ikan bandeng tanpa tulang, tumpi-tumpi dan bolu kambu menjadi produk andalan kelompok ini. Namun mereka terhambat pada aspek pemasaran yang hanya terbatas pada pemasaran lokal dari mulut ke mulut (Word of Mouth). Pelaksanaan hibah Pengabdian Masyarakat Pemula ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi maupun strategi yang memberikan solusi terhadap permasalahan yang mitra hadapi. Kegiatan ini dilakukan dari bulan Juli hingga September 2023 berupa pemberian bantuan alat, pelatihan pemasaran digital dan pembuatan konten promosi serta pendampingan mitra dalam pembuatan media sosial. Dari hasil PKM ini, mitra telah memahami pentingnya pemasaran digital, cara-cara pembuatan konten promosi dan mengelola akun media sosial untuk usaha mereka. Dari kegiatan pengabdian ini juga terjadi peningkatan kesadaran akan merek dan memperluas jangkauan pasar produk-produk yang dihasilkan Annisa.

References

BPS Pangkanjene dan Kepulauan. Kecamatan Labakkang Dalam Angka 2021. 2021.

Isdijoso W, Risky M, Indrio VT, Ana Rosidha Tamyis. Ketertinggalan dalam Kemakmuran. Tantangan dalam Menanggulangi Kemiskinan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan [Internet]. 2019. 31–35 p. Available from: https://smeru.or.id/

Zanuar Rifai, Meiliana D. Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS J Pengabdi Kpd Masy. 2020;1(4):604–9.

Susanto H. Budidaya Ikan Pekarangan. Penebar Swadaya; 2006.

Kab.Pangkep D. Balita Stunting Kabupaten Pangkep Alami Penurunan [Internet]. 2022. Available from: https://pangkepkab.go.id/berita/balita-stunting-kabupaten-pangkep-alami-penurunan

Asnawi, A., Saud, I. M., & Wiratmanto W. Peningkatan Mutu Produk dan Pemasaran Olahan Ikan Bandeng. BERDIKARI J Inov dan Penerapan Ipteks. 2017;5(1):11–21.

Intan TI, Revia B, Erwita A. Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing. J Komun Prof. 2019;3(2).

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Yahya, A. F., Jannah, M., Paramita, A. J., Aprilianti, N. F., & B, M. I. R. R. (2023). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BERBASIS KONTEN PADA USAHA KELOMPOK PERIKANAN AN’NISA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9470–9474. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19504