MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEBERAGAMAN DAN TOLERANSI SISWA SMA/SMK JABODETABEK & MAHASISWA STAB NALANDAMELALUI WISATA RUMAH IBADAH

Authors

  • Astri Chintya Astana Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • Gustiya Gandha Metri Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • Susijati Susijati Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • Ria Restina Robiyanti Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19447

Keywords:

Moderasi, Wisata Rumah Ibadah, Keberagaman, Toleransi

Abstract

Indonesia juga dikenal sebagai negara dimana masyarakatnya menjunjung tinggi nilai dan ajaran agamanya. Sebagai negara yang kaya akan keberagaman Indonesia perlu menggaungkan mengenai kebergamaan dan toleransi kepada seluruh rakyat Indonesia. Toleransi dan keberagaman perlu dibentuk dimulai generasi muda. Wisata Rumah Ibadah salah satu cara untuk mengenalkan dan mengembangkan pengetahuan toleransi dan keberagaman. Rumah Moderasi Beragama Nalanda mengadakan Wisata Rumah Ibadah untuk Siswa Sejabodetabek. Kegiatan ini memberikan peningkatan pengetahuan mengenai keberagaman agama yang ada di Indonesia. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah edukasi dimana memberikan pengetahuan kepada siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut menggunakan kuisioner yang diberikan sebagai pre-test dan post-test. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan mengenai keragaman agama dan rumah ibadah. Melalui edukasi yang diberikan bertujuan meminimalisir generasi muda memiliki sikap intoleransi sehingga bukan hanya sekedar menerima perbedaan tetapi saling mengakui, saling terbuka, dan saling mengerti adanya perbedaan dan tidak mempersoalkan perbedaan tersebut meski mereka tidak sepakat.

References

Simarmata, Henry T., Dkk. (2017). Indonesia Zamrud Toleransi,. Jakarta Selatan: PSIK-Indonesia. Fitriani, S. (2020). Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Jurnal Studi Keislaman,

h.179-192.

Amalia, inna., Nanuru, Ricardo Freedom . (2018). Toleransi Beragama Masyarakat Bali, Papua, Maluku. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, h 154.

Zulkarnain, Z. (2011). Hubungan Antarkomunitas Agama Di Indonesia: Masalah dan Penangannya. Yogyakarta: Universitas lslam Negeri (UlN) Sunan Kalijaga .

Nugraha, N. (2023). Analisa Kontribusi Wisata Religi Sebagai Pendekatan Hukum Islam Dalam Dakwah terhadap Perdamaian Global (Studi Kasus Masjid Nabawi, Masjid Al Haram, Masjid Al-Aqsa). Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam.

Casram. (2016). Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, Vol. 1 No. 2.

Faridah, I. F. (2013). Toleransi Antar Umat Beragama Masyarakat Perumahan. Jurnal Komunitas, Vol. 5 No 1.

Pangeran, I. (2017). Toleransi Beragama Sebuah Keniscayaan Bagi Muslim dalam Bermasyarakat.

Jurnal Al-Miskeah, Vol. 13 No. 1.

Widiyanto, D. (2017). Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, h. 110.

Hakim, Zainul ., Nurasiah, Yayah . (2022). Moderasi Beragama Berbaasi Masjid. Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Vol 3. No 1.

Nurhidayat, Martiyadi., dkk. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Taman Pendidikan Alquran Di Masjid Aldiva Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Mandiri, Vol 2, No 2.

Qodir, Z. (2016). Kaum Muda, Intoleransi, dan Radikalisme Agama. Jurnal Studi Pemuda, Vol. 5 No 1.

Muzakki, Muhammad., Santoso, Budi. (2023). Implementasi Nilai Toleransi Bagi Mahasiswa Di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal PAIDA, 183 - 191.

Khotimah. (2013). Toleransi Beragama. Jurnal Ushuluddin, h 215-216.

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 103-109.

Kholisah, Nur., Dewi, Dinie Anggraeni.,Furnamasari, Y F. (2021). Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Sesama Masyarakat di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, h. 9021-9025.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Astana, A. C. ., Metri, G. G., Susijati, S., & Robiyanti, R. R. . (2023). MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEBERAGAMAN DAN TOLERANSI SISWA SMA/SMK JABODETABEK & MAHASISWA STAB NALANDAMELALUI WISATA RUMAH IBADAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8527–8538. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19447