WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP

Authors

  • Siti Faizah Universitas Negeri Malang
  • Nihayatus Sa'adah Universitas Hasyim Asy’ari
  • Sari Saraswati Universitas Hasyim Asy’ari
  • Iesyah Rodliyah Universitas Hasyim Asy’ari
  • Novia Dwi Rahmawati Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.19428

Keywords:

Artikel Ilmiah; Guru; Kinerja; Workshop

Abstract

Artikel ilmiah merupakan salah satu syarat untuk mengajukan kepangkatan bagi guru di lingkungan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. Workshop ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang teknik penulisan artikel ilmiah. Kegiatan ini dilakukan di SMP Negeri 1 Diwek Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur kemudian pesertanya adalah guru di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan penugasan. Angket digunakan sebagai umpan balik peserta kepada tim pengabdi, sedangkan penugasan yang diberikan berupa penulisan artikel ilmiah. Dari hasil workshop diketahui bahwa para peserta sangat antusias mengikuti workshop bahkan banyak peserta yang ingin waktunya ditambah. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil pengisian angket peserta yang menunjukkan bahwa 95% peserta memberikan respon yang positif terhadap pelaksanaan workshop. Kemudian dari hasil penyusunan artikel yang dilakukan oleh peserta menunjukkan bahwa para peserta masih perlu pendampingan lebih lanjut terkait penulisan artikel ilmiah

References

Diantoro, M. (2017). Pedoman Etika Ilmiah FMIPA UM (Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Faizah, S., Rodliyah, I., Saraswati, S., & Murniasih, T. R. (2022). Pelatihan Penyusunan Data Tunggal Menjadi Data Berkelompok Kepada Calon Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 1889–1894. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1889-1894

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Pemenuhan Hak Belajar Siswa Melalui Pkm Lesson Study. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 522–534. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.2445

Sa’adah, N., Faizah, S., & Saraswati, S. (2023). Program Pendampingan Guru SMP dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik. JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1–6.

Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan: Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Rosda.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Faizah, S. ., Sa’adah, N., Saraswati, S. ., Rodliyah, I. ., & Rahmawati, N. D. . (2024). WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 110–114. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.19428