PELATIHAN DAN SOSIALISASI INOVASI PRODUK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN KELASAN KHAS DESA PETANANG

Authors

  • M. Ilham Ramadhan Universitas Indo Global Mandiri
  • Tiara Yuniar Universitas Indo Global Mandiri
  • Siti Komariah Hildayanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Lesi Hertati Universitas Indo Global Mandiri
  • Rum Hendarmin Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19415

Keywords:

Inovasi produk, Strategi Pemasaran, Minat Beli Konsumen.

Abstract

Desa Petanang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Desa ini kaya akan hasil pertanian berupa singkong yang berpotensi untuk dikembangkan.  Salah satu produk hasil olahan singkong  adalah Kelasan. Selama ini produk Kelasan ini hanya dijual dalam bentuk mentah ke para agen yang datang ke desa tersebut.  Kurangnya pengetahuan pelaku usaha tentang strategi pemasaran dan pentingnya inovasi produk,  menjadikan penjualan produk dari Kelasan ini masih terbatas dan belum banyak peminat.  Melalui kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini diharapkan  dapat meningkatkan minat beli konsumen. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pelaku usaha Kelasan dengan memperkecil ukuran diameter kelasan dan memberikan inovasi rasa pada produk irisan Kelasan yang sudah digoreng. Dengan demikian diharapkan akan dapat meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk Kelasan.

References

Berliana, E., Nurhalizah, N., Wahyuni, N., & Hertati, L. (2022). Peran Dunia Digital Sistem Informasi Manajemen Pembelanjaan Online Dan Offline Yang Bekerja Melayani Konsumen. Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 44–55. Https://Jurnal.Stiesultanagung.Ac.Id/ Index.Php/Glow/Indexhttps://Jurnal.Stiesultanagung.Ac.Id/Index.Php/Glow/Index%7c44

Lilis Puspitawati, Hilmi, M. Virginia, & L. Hertati. (2023). User Competence And Business Digitalization For The Successful Performance Of The Financial Statements. Jurnal Akuntansi, 27(1), 80–98. Https://Doi.Org/10.24912/Ja.V27i1.1198

Riset, P., Inovasi, D. A. N., & Masyarakat, P. (2022). Kemasan Dan Digital Marketing Di Desa Petanang. 2(1), 20–29.

hertati, L., Asmawati, A., Syahfitri, L., & Hendarmin, R. (2022). Pelatihan Peran Inovasi, E- Commerce, Ekosistem Mendorong Inovasi Produk Unggulan Desa. Abdimasy: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 36–55.

Rahma, D., Shellamitha, D., Pratama, Y., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., Munandar,

A. (2022). Pkm Pengembangan Produk Lokal Singkong Rasa Balado Khas Desa Petanang Program Mbkm Kkn Tematik. Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyara- Kat, 2(1), 11-19.

Ariza, A., Indrarini, R. (2021). Hubungan Inovasi Produk Makanan Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(1), 55-64.

Pricilla, G., Sepang, L., Roring, F (2022). Pengarih Inovasi Produk, Persepsi Harga Dan Pro- Mosi Terhadap Minat Beli Pada Verel Bakery And Coffee. Jurnal Emba, 10(1), 184-190.

Pebriani, W., Busyra, N. (2023). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era New Normal. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 7(1), 83-89.

Astuti, N. W., Sagir, J., Edy, L., & Mulyono, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Country Of Origin , Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Viva Cosmetics Pada Konsumen. Journal Of Sharia Economy And Islamic Tourism, 1(4), 1–11.

Hendrawan, B., Setyo, S. (2014). Pengaruh Inovasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Mie Sedaap Cup. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1174-1185.

Rioe Chandra, O., Halin, H., & Komariah Hildayanti, S. (2022). Inovasi Kemasan Dan Proses Bisnis Dodol Nanas Di Desa Kemang Kkn Tematik Program Mbkm Mahasiswa Indo Global Mandiri. Jpm Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12). Http://Bajangjournal.Com/Index.Php/Jpm

Alfatih Maulana, M., Arman, M., Halin, H., Komariah Hildayanti, S. (2022). Program Mbkm Mahasiswa Indo Global Mandiri Pelatihan Packaging Shape Inovasi Kemasan Dan Proses Bisnis Asinan Nanas Di Desa Kemang. Jpm Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12). 2809-8889.

Riska, A., Prastiwi, R., Halin, H., Komariah Hildayanti, S. (2022). Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal Berbahan Baku Nanas Program Mbkm Kkn Tematik Indo Global Mandiri. Jpm Jurnal Pengabdian Mandiri , 2(1). 2809-8889.

Indah, S., Rizky Pratama, R., Halin, H., Komariah Hildayanti, S. (2023). Pengabdian Mahasiswa Mandiri Mendukung Mbkm Kkn Tematik Indo Global Mandiri Pelatihan Membuat Cake Nanas Rasa Buah. Jpm Jurnal Pengabdian Mandiri , 2(1). 2809-8579.

Pratama, R., Novryanto, R., Halin, H., Komariah Hildayanti, S. (2022). Pengabdian Kkn Tematik Mahasiswa Uigm Pelatihan Peningkatan Omset Usaha Keripik Nanas Dan Desain Kemasan Penjualan E-Commerce Desa Kemang. Jpm Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12). 2809-8889.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Ramadhan, M. I. ., Yuniar, T. ., Hildayanti, S. K. ., Hertati, L. ., & Hendarmin, R. . (2023). PELATIHAN DAN SOSIALISASI INOVASI PRODUK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN KELASAN KHAS DESA PETANANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8134–8142. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19415