PENDAMPINGAN DALAM PROGRAM PENATAAN ARSIP DAN RESTORASI ARSIP

Authors

  • Samuel Indrayana Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Bagus Ananda Kurniawan Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Maria Agata Advenia Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19333

Keywords:

Pendampingan Dalam Program Penataan Arsip Dan Restorasi Arsip

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur adalah salah satu pelaksana kebijakan daerah yang bersifat spesifik di bidang Perpustakaan dan Kearsipan. Keberadaan perpustakaan mendorong terwujudnya cita-cita yang diamanatkan dalam Undang - undang Dasar tahun 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Pada pelaksanaan pengabdian  masyarakat  ini penulis memilih Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur karena dapat memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur. Meliputi menyediakan arsip, membantu pengguna untuk menemukan arsip yang dibutuhkan serta menggandakan arsip dalam bentuk file, penyortiran arsip, dimana arsiparsip tersebut akan dijadikan sebuah katalog. Selain itu dalam bidang ini kami melakukan sebuah kegiatan yaitu mengemasi atau mecover arsip-arsip yang  sudah kita sortir dalam sebuah katalog, mengawasi arsip-arsip yang ada di sebuah instansi baik pemerintahan maupun swasta dan mengawasi arsip-arsip yang ada di sebuah instansi baik pemerintahan maupun swasta

References

Kuswantoro, A (2017), Pengelolaan Arsip Dinamis Dalam Upaya Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kepepndidikan Pasca Sarjana UNNES, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sugiarto, A, & Teguh, W (2015), Manajemen Kearsipan Modern Dari Konvensional ke Basis Komputer, (Klitren Lor GK III/15 Yogyakarta: Gava Media.

Arsip Nasional Republik Indonesia (2011), Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011, tentang Pedoman penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Perguruan Tinggi.

Barthos, B, (2007), Manajemen Kearsipan Untuk Lembaga Negara, Swasta dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Basrowi dan Suwandi, (2008), Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta : PT Rineka Cipta. Nur, D & Sutarni, N, (2017)

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Indrayana, S., Kurniawan, B. A. ., & Advenia, M. A. . (2023). PENDAMPINGAN DALAM PROGRAM PENATAAN ARSIP DAN RESTORASI ARSIP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7844–7847. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19333