EDUKASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA MELALUI KEGIATAN UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19327Keywords:
Pendapatan, Media Sosial, UMKMAbstract
Perkembangan teknologi yang dimanfaatkan pada saat ini semakin menunjukkan peningkatan yang pesat, hal ini menjadikan lingkungan bisnis mengalami perubahan setiap saat. Saat ini digital marketing menjadi tren baru yang mempunyai peran utama dalam melakukan pemasaran bisnis, terutama jual beli online. Dalam mempertahankan bisnisnya pengusaha berlomba-lomba melakukan adaptasi pada kondisi terjadinya wabah ini dengan cara melakukan penerapan digital transformation. Digital transformation adalah strategi dan proses penerapan teknologi dalam kegiatan operasional yang mampu merubah cara binis baik terkait pemasaran hingga produksi. Desa Canggah merupakan desa yang warganya banyak memiliki bisnis kuliner, desa yang berlokasikan di kecamatan Sarirejo ini, warganya mengeluhkan berkenaan semakin sulitnya dalam pemasaran bisnis yang sedang mereka jalankan, hal ini sudah terjadi bahkan sebelum wabah pandemi terjadi namun ketika wabah pandemi terjadi semakin menjadikan bisnis mereka tidak berjalan. Pada pelaksanaan pengabdian ini meliputi sosialisasi, penyuluhan, pelatihan serta monitoring. berdasarkan perolehan hasil sosialisasi hingga monitoring menunjukkan bahwa edukasi pemanfaatan e-commerce dalam peningkatan pendapatan UMKM pada desa Canggah Kabupaten Lamongan dapat memberikan literasi pelaku UMKM dalam memanfaatkan e-commerce guna pemasaran digital.References
Asiyah, S., Rose, K., & Islam, U. (2022). Media Marketing Pendapatan.
Faisal Maliki Baskoro. (2020). UMKM Sektor Kuliner, Jasa, dan Konveksi Paling Terdampak Pandemi. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/ekonomi/698453/umkm-sektor-kuliner-jasa-dan-konveksi-paling-terdampak-pandemi
Fatimah Rahmawati. (2022). Bangkitkan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi, Kominfo Luncurkan Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 Bagi UMKM. Kominfo.Go.Id. https://aptika.kominfo.go.id/2022/05/bangkitkan-ekonomi-nasional-pasca-pandemi-kominfo-luncurkan-program-adopsi-teknologi-digital-4-0-bagi-umkm/
Febriantono, M. A. (2021). Pentingnya Transformasi Digital dalam Pengembangan Bisnis di Era Pandemi COVID-19. Binus.Ac.Id. https://binus.ac.id/malang/2021/06/pentingnya-transformasi-digital-dalam-pengembangan-bisnis-di-era-pandemi-covid-19/
Haryono, S., & Nurlaela. (2018). Efektifitas Penggunaan Media E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Depok Dilihat dari Etika Bisnis. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 152–158.
Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i1.1225
Mahmud, M., Akuntansi, J., Ekonomi, F., Gorontalo, U. N., Jend, J., & No, S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial & E-Commerce Guna Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pada Masa Pandemi. 02(November).
Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 6. https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3309
Oktaviani, N. putu S., Wardani, K. D. K. A., & Gorda, A. A. N. E. S. (2022). Penggunaan E-Commerce Dalam Mendukung. Empowerment, 05, 208–214.
Supriyanto, A., Rosmalia, V., & ... (2021). Pemanfaatan Social Media Sebagai Pemasaran Bisnis Di Era Society 5.0. Janaka …, 02(02), 55–65. http://ejournal.lppm-stieatmabhakti.id/index.php/JANAKA/article/view/215%0Ahttp://ejournal.lppm-stieatmabhakti.id/index.php/JANAKA/article/download/215/152
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irma Indira, Ma’rufatur Rodhiyah, Annita Mahmudah, Ika Purwanti, Rita Nataliawati, Latifatun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.