PELATIHAN TARI KREASI DALAM RANGKA 17 AGUSTUS DI SD NEGERI 6 PASSENO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19267Keywords:
Pelatihan, Tari Kreasi, 17 AgustusAbstract
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang seni dan budaya tari dalam rangka hari kemerdekaan 17 Agustus. Partisipan dalam pelatihan ini adalah para siswa kelas 5 dan 6 SD Negeri 6 Passeno. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini melibatkan serangkaian langkah seperti survei, diskusi, demonstrasi, pengenalan musik iringan, praktik, pertunjukan, dan evaluasi. Pelatihan ini terdiri dari tiga tahap utama, yaitu: 1) persiapan sebelum pelatihan dimulai, 2) pelaksanaan pelatihan, dan 3) penutupan pelatihan. Selama pelatihan berlangsung, semua peserta menunjukkan semangat tinggi dan aktif mengikuti setiap rangkaian pelatihan. Ini tercermin dari kehadiran yang konsisten dari awal hingga akhir setiap sesi pelatihan. Selain itu, peserta pelatihan juga memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini. Mereka terlihat senang dan selalu datang lebih awal sebelum pelatihan dimulai. Mereka menggunakan waktu luang mereka untuk berdiskusi dengan teman-teman mereka tentang gerakan-gerakan tari dan bahkan melakukan demonstrasi gerakan-gerakan yang telah mereka pelajari pada pertemuan sebelumnya. Hasil dari kegiatan ini mencerminkan semangat dan keterlibatan peserta dalam mengikuti pelatihan, serta tanggapan positif mereka pelatihan tari kreasi ini. Mereka juga menunjukkan kreativitas dengan menampilkan persembahan tari kreasi tersebut di atas panggung.References
Bolu, Waode Muriani Ekasari Virno. 2023. “PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK UNTUK GURU SEKOLAH.” 4(3):5987–89.
Destrinelli, D., and L. Leony. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Gerak Tari Melalui Strategi Praktik Berpasangan Kelas IV SD Negeri 66/IV Kota Jambi.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4(1):41–63. doi: 10.22437/gentala.v4i1.6850.
Dwi, Ayu, Putri Rusman, Wisti Mutiara, Andi Yusrianti Khadijah, Irviani Giul, Muh Rijal, Ananda Anugrah Ramadhan, and Nurzamzani Samad. 2021. “BAJU TARI BERBAHAN PELASTIK DAUR ULANG.” 2(3):807–10.
Isnaini, Heri, dkk. 2021. “PROGRAM PENYULUHAN LITERASI BERKELANJUTAN.” 2(3):657–64.
Jimbara, I. Wayan Rupika, I. Nyoman Fery Pramana, I. Wayan Donny, and Antara Natha. 2022. “Pelatihan Tari Kreasi Dan Pemanfaatan Teknologi Dalam Melestarikan Budaya Daerah.” 2(1):65–70.
Kurniawan, Febi. 2021. “PELATIHAN SPORT KIDS BAGI GURU SEKOLAH DASAR DAN.” 2(3):544–49.
Pekerti, W., dkk. 2008. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ratnayanti, Rahajeng, and Usep Kustiawan. 2007. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tari Kreasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar Luar Biasa.”
Setiawan, Aris. 2019. “Mengembangkan Nilai Karakter Dan Kemampuan 4C Anak Melalui Pendidikan Seni Tari Di Masa Revolusi Industri 4.0.” Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 19(2):193–211. doi: 10.30651/didaktis.v19i2.2958.
Soedarsono. 2002. Seni Pertunjukan Indonesia Di Era Globalisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Suwitri, Ritu, Ana Novitasari, and Raimon Effendi. 2021. “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Gerak Tari Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6):4700–4707. doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1539.
Syafii. 2004. Konsep Dan Model Pembelajaran Seni. Semarang: Unnes.
Tamurung, H. J. 2006. Pembelajaran Kreativitas Seni Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Tetty Rachmi, Djatmiko, T., dkk. 2016. Keterampilan Musik Dan Tari. Banten: Universitas Terbuka.
Yatim, Heriyati. 2010. “PKM Pelatihan Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kreatif Anak Di SD Negeri 60 Lembang Kabupaten Majene Sulawesi Barat.” 411–16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yusmah Yusmah, Muh. Rais Rahmat Razak , Ahmad Mustanir, Suleha Suleha, Jumiati Jumiati, Syamsu Tang, Haeruddin Syarifuddin
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.