MELATIH DAN MENDIDIK ANAK SEBAGAI CALON PEMIMPINAN MASA DEPAN

Authors

  • Latifah Wulandari Binti Asbaruna Universitas Ma'soem
  • Ridwan Ismail Gorib Universitas Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19245

Keywords:

Pelatihan, Kepemimpinan, Anak.

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu orang tua dalam memahami gagasan kepemimpinan dan bagaimana membimbing anak-anaknya menjadi pemimpin sejak dini sehingga dapat tumbuh menjadi pemimpin yang efektif. Diharapkan pelatihan kepemimpinan dasar ini dapat menjadi strategi dalam mewujudkan generasi yang berjiwa pemimpin yang responsif dan inovatif. Konsep kepemimpinan sebagai talenta bawaan sejak  lahir, dimana kepemimpinan sudah terbawa serta dan dapat dikembangkan selama proses hidup manusia, dimana setiap anak bisa kita didik sejak kecil untuk menjadi seorang pemimpin. Untuk itu tugas orang tua dan guru untuk mengarahkan anak untuk menjadi seorang pemimpin sejak anak masih kecil. Kepemimpinan merupakan  sebuah  seni  yang  berhubungan  dengan  talenta  anak,  sekaligus  sebagai  ilmu yang mana konsep dan gagasan kepemimpinan harus kita pejari. Untuk itu, orang tua anak perlu dibekali dengan beberapa keahlian, salah satunya adalah ilmu tentang kepemimpinan. Metode atau tahapan untuk mengajarkan pendidikan kepemimpinan kepada anak yang dilakukan peneliti yakni melalui pelatihan materi kepemimpinan kepada orang tua anak. Dimana metode pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah dengan interaksi langsung melalui ceramah, tutorial, dan diskusi dalam rangka mengembangkan kemampuan kepemimpinan pada anak. Hasil evaluasi terhadap peserta pengabdian kepada masyarakat menunjukkan tercapainya tujuan pengabdian kepada orang tua, dimana adanya peningkatan pengetahuan peserta setelah diberikan materi mengenai kepemimpinan. Peserta dalam kegiatan ini adalah orang tua dan anak. Berdasarkan hasil kegiatan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum peserta bersemangat untuk belajar ilmu kepemimpinaan.

References

Abdullah, M. (2019). School Culture To Serve Performance Of Madrasah In Indonesia. Qudus International Journal Of Islamic Studies. Https://Doi.Org/10.21043/Qijis.V7i1.4572.

Abdurrahman, A. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter. At-Turas: Jurnal Studi Keislaman. Https://Doi.Org/10.33650/At-Turas.V4i2.336.

Anoraga (1990) Pendekatan Kepemimpinan Lembaga Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Baharuddin, U. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Antara Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Basyaruddin, N. Y., & Rifma, R. (2020). Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jmksp (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1). Https://Doi.Org/10.31851/Jmksp.V5i1.3498.

Diana, D., Salasiah, S., & Fatah, M. A. (2019). Efektifitas Metode Al-Bayan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Bagi Anak. Plakat (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2). Https://Doi.Org/10.30872/Plakat.V1i2.2966.

Julianto, M. (2016). Peran Dan Fungsi Manajemen Keperawatan Dalam Manajemen Konflik. Fatmawati Hospital Journal.

Marini, A. (2016). Manajemen Pendidikan : Teori Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Mullins, L. J. (2005) Management And Organisational Behaviour. England: Pearson Education Limited.

Rahmawati, I. (2016). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. Prosiding Temu Ilmiah Guru (Ting) Vii.

Robbins, S. P. (2003) Organizational Behaviour. Diterjemahkan Oleh Pt Indeks Kelompok Gramedia Dengan Judul Perilaku Organisasi. Jakarta: Pt Indeks Kelompok Gramedia.

Soehardjono (1998) Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Singkat Tentang Pemimpin Dan Kepemimpinan Serta Usaha-Usaha Pengembangannya. Malang: Apdn Malang Jawa Timur.

Tasrim, I. (2011). Kepemimpinan Visioner Dalam Proses Perubahan Di Sekolah Efektif (Studi Multikasus Pada Tiga Sekolah Dasar Di Kota Bunga).(Disertasi). In Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana.

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Asbaruna, L. W. B. ., & Gorib, R. I. . (2023). MELATIH DAN MENDIDIK ANAK SEBAGAI CALON PEMIMPINAN MASA DEPAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8786–8789. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19245