PENINGKATAN KAPASITAS ORGANISASI MELALUI INOVASI PRODUK, KUALITAS SDM DAN LEGALITAS PRODUK HALAL

Authors

  • Anwar Mansyur Universitas Stikubank
  • Rochmani Rochmani Universitas Stikubank
  • Suhana Suhana Universitas Stikubank

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19210

Keywords:

Inovasi Produk, Legalitas, SDM, Bandeng

Abstract

Bandeng presto merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Kota Semarang. Wisatawan yang berkunjung akan mencari produk bandeng yang enak, berkualitas dan tidak monoton. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan pada Kelompok Usaha Bandeng Duri Lunak Lumintu di Kota Semarang didasarkan pada jenis produk yang dibuat oleh Kelompok tersebut. Bandeng Presto yang dihasilkan para ibu-ibu ini cukup murah dan enak, namun para pesaing untuk segmen pasarnya juga sangat banyak. Sehingga kelompok ini dituntut untuk menghasilkan produk baru melalui kegiatan inovasi produk. Inovasi produk tentu harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui metode pendidikan-sosialisasi serta pelatihan yang merupakan tindaklanjut dari kegiatan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi dibagi menjadi 3 sesi, yakni sesi yang membahas tentang pentingnya inovasi produk, peran fundamental sumber daya manusia dalam pengelolaan organisasi serta sesi terkait dengan pentingnya dan prosedur pengajuan legalitas halal pada produk. Pada tahapan pelatiha, kegiatan ini berhasil memproduksi dua varian bakso, yakni bakso rebus dan goreng. Bakso tersebut akan didaftarkan legaslitas kehalalannya agar bisa ditawarkan secara luas tanpa adanya kekhawatiran terkait proses dan komposisi pembuatan varian bakso ini. Kegiatan ini tentu saja memberikan manfaat bagi anggota kelompok serta masyarakat, bahwa varian Bandeng yang dapat dijadikan sebagai alternatif oleh-oleh, tidak hanya bandeng Presto, tapi terdapat varian baru, yakni Bakso Bandeng Rebus dan Bakso Bandeng Goreng yang halal.

References

Bessant, J., & Tidd, J. (2015). Innovation and Entrepreneurship. Wiley Online Library.

Fitriati, I. R., Sudari, S., Mansyur, A., Pradita, N., & Hayuningtias, K. A. (2020). Pelatihan Strategi Pemasaran dan Kewirausahaan pada Pelaku Usaha Kecil Menengah di Desa Kalikurmo Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (PENAMAS), 4(1), 28–33.

Lita, R. P., Faisal, R. F., & Meuthia, M. (2020). Enhancing small and medium enterprises performance through innovation in Indonesia: A framework for creative industries supporting tourism. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 11(1), 155–176. https://doi.org/10.1108/JHTT-11-2017-0124

Mansyur, A., Rozak, H. A., Taswan, T., & Fitriati, I. R. (2023). Pengelolaan UMKM Pada Masa dan Pasca Pandemi COVID-19 di Kabupaten Kudus. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (PENAMAS), 7(2), 109–112.

Noe, R. A., Hollenbeck, J. R., Gerhart, B., & Wright, P. M. (2016). Fundamentals of Human Resource Management. In Mc Graw Hill Education.

Suhana, S., Mansyur, A., & Putra, H. B. (2023). Building Awarenes of The Imporatance of HR Qaulity, Product Innovation and Online Marketing. 6(1), 13–18. https://doi.org/10.1234/ijsegce.v6i1.218

Tidd, J., & Bessant, J. (2013). Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational Change. Wiley Online Library.

Trott, P. (2017). Innovation Management and New Product Development (Sixth Edition). Pearson. https://www.pdfdrive.com/innovation-management-and-new-product-development- e176371000.html

Usaha Bandeng Presto kian Menjanjikan. (2022). Dinas Koperasi, UMKM Provinsi Jawa Tengah. https://dinkop-umkm.jatengprov.go.id/berita/view/1666

Vlasov, M. V. (2020). Innovative Behavior of Small and Medium-Sized Enterprises of an Industrial Region. Ekonomika Regiona, 16(4), 1335–1348.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Mansyur, A., Rochmani, R., & Suhana, S. (2023). PENINGKATAN KAPASITAS ORGANISASI MELALUI INOVASI PRODUK, KUALITAS SDM DAN LEGALITAS PRODUK HALAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9573–9578. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19210