PSIKOEDUKASI KOGNITIF DALAM PENYUSUNAN ANGKA PADA JAM DIY UNTUK PENGENALAN WAKTU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19208Keywords:
Psikoedukasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Psikoedukasi KognitifAbstract
Berkebutuhan khusus secara eksplisit ditujukan kepada anak-anak yang lahir memiliki kondisi kelainan atau penyimpangan dari kondisi rata-rata pada anak normal pada umumnya, dalam hal fisik, mental maupun karakteristik perilaku sosialnya (Abdullah, 2013). Proses pembelajaran anak-anak berkebutuhan khusus di kemudian hari berbeda dengan anak-anak normal. Untuk membantu anak autis agar anak-anak dapat memahami dan membaca waktu pada jam maka diberikan psikoedukasi berbentuk media yang dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar. Upaya tersebut diberikan dengan psikoedukasi media jam DIY untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami waktu pada jam. Hasil program kerja dengan media Jam DIY yang dilakukan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan praktik kerja lapangan ini dapat membantu anak autis dalam skill of life mereka yaitu memahami konsep waktu pada jam dengan media jam DIY sebagai media pembelajaran.References
Sutjihati Somantri(2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Pt Refika Aditama.
F.J. Monks, A.M.P Knoers, Siti Rahayu Haditono (2004). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Winarsih,Murni.(2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu Dalam Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Depdikbud,Dirjen Dikti
Dara Gebrina Rezieka, Khamim Zarkasih Putro, Mardi Fitri.(2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk, Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Wahyu Aprilia.(2020).Perkembangan Pada Masa Pranatal Dan Kelahiran. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Wulandari, Nur Fitri (2021) Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal : Al Ishlah Jurnal Pendidikan Islam
Dewi Pandji.(2013) Sudahkan Kita Ramah Anak Special Needs?. Jakarta: Pt Elex Media Komputerindo.
Nurain Suryadinata, Nurul Farida.(2015).Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Terhadap Masalah Matematika. Jurnal: Prosiding Seminar Nasional Sains Matematika Informatika Dan Aplikasinya
Syaputra, Wadin, Parlan (Juli, 2020). Upaya Untuk Mengembangkan Keterampilan Tangan Vol. 3 No.1. Jutnal Untuk U, Keterampilan M, Tangan K.
Silaban, Bestari Putra, Angga, Komang Putra, Maha (2020) Perancangan Buku Seni Kerajinan Tangan Do It Yourself : Craft In A Day. Vol. 1. Jurnal Selaras Putra
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rina Oktaviana, Dhea Ismanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.