PSIKOEDUKASI KOGNITIF DALAM PENYUSUNAN ANGKA PADA JAM DIY UNTUK PENGENALAN WAKTU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Rina Oktaviana Universitas Bina Darma
  • Dhea Ismanto Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19208

Keywords:

Psikoedukasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Psikoedukasi Kognitif

Abstract

Berkebutuhan khusus secara eksplisit ditujukan kepada anak-anak yang lahir memiliki kondisi kelainan atau penyimpangan dari kondisi rata-rata pada anak normal pada umumnya, dalam hal fisik, mental maupun karakteristik perilaku sosialnya (Abdullah, 2013). Proses pembelajaran anak-anak berkebutuhan khusus di kemudian hari berbeda dengan anak-anak normal. Untuk membantu anak autis agar anak-anak dapat memahami dan membaca waktu pada jam maka diberikan psikoedukasi berbentuk media yang dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar. Upaya tersebut diberikan dengan psikoedukasi media jam DIY untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami waktu pada jam. Hasil program kerja dengan media Jam DIY yang dilakukan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan praktik kerja lapangan ini dapat membantu anak autis dalam skill of life mereka yaitu memahami konsep waktu pada jam dengan media jam DIY sebagai media pembelajaran.  

References

Sutjihati Somantri(2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Pt Refika Aditama.

F.J. Monks, A.M.P Knoers, Siti Rahayu Haditono (2004). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Winarsih,Murni.(2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu Dalam Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Depdikbud,Dirjen Dikti

Dara Gebrina Rezieka, Khamim Zarkasih Putro, Mardi Fitri.(2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk, Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Wahyu Aprilia.(2020).Perkembangan Pada Masa Pranatal Dan Kelahiran. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Wulandari, Nur Fitri (2021) Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal : Al Ishlah Jurnal Pendidikan Islam

Dewi Pandji.(2013) Sudahkan Kita Ramah Anak Special Needs?. Jakarta: Pt Elex Media Komputerindo.

Nurain Suryadinata, Nurul Farida.(2015).Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Terhadap Masalah Matematika. Jurnal: Prosiding Seminar Nasional Sains Matematika Informatika Dan Aplikasinya

Syaputra, Wadin, Parlan (Juli, 2020). Upaya Untuk Mengembangkan Keterampilan Tangan Vol. 3 No.1. Jutnal Untuk U, Keterampilan M, Tangan K.

Silaban, Bestari Putra, Angga, Komang Putra, Maha (2020) Perancangan Buku Seni Kerajinan Tangan Do It Yourself : Craft In A Day. Vol. 1. Jurnal Selaras Putra

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Oktaviana, R. ., & Ismanto, D. . (2023). PSIKOEDUKASI KOGNITIF DALAM PENYUSUNAN ANGKA PADA JAM DIY UNTUK PENGENALAN WAKTU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8194–8198. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19208