IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PLATFORM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ONLINE DI SMA MUHAMMADIYAH PANGKAJENE SIDRAP
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19207Keywords:
Platform, Zoom, Google Hangouts, Google Meeting, Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis DaringAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Pangkajene Sidrap bertujuan untuk berbagi ilmu dan informasi tentang pemanfaatan platform Zoom, Google Hangouts dan Google Meet dalam pengajaran bahasa Inggris online di tingkat universitas atau sederajat. Kegiatan yang dilakukan selain memberikan penjelasan teoritis dan praktis mengenai penggunaan platform-platform tersebut, juga memberikan penjelasan bagaimana penerapannya dengan teknik yang sesuai dan variasi model Pengajaran menggunakan platform Zoom, Google Hangouts dan Google Meet. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk pelatihan bagi guru pengajar di SMA Muhammadiyah Pangkajene Sidrap. Dalam pelatihan ini juga dilakukan kegiatan simulasi atau praktik langsung dengan menggunakan platform Zoom, Google Hangouts dan Google Meet yang dapat diterapkan selama proses pengajaran. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah pembelajaran bahasa komunitas yang meliputi pertukaran informasi, diskusi dan berbagi pengalaman antara konsultan dan pelanggan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2023. Berkat PKM, para guru mendapatkan perkuliahan budaya digital dalam pembelajaran daring. Implikasi dari platform yang disajikan dapat bermanfaat sebagai referensi media dalam pengajaran online.References
Aji, Rizqon Halal Syah ."Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Ketrampilan, Dan Proses Pembelajaran". Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar'i. Vol.7 No. 5. 2020.
Al Ihwanah. "Problematika Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid-19". Jies: Journal Of Islamic Education Of Elementary School. Vol. 1. No. 2. 2020.
Alvianto, Andhika. "Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Situasi Pandemi Covid19". Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3 No. 2. 2020
Ambarita, Jenri. Jarwati, Dan Dina Kurnia Restanti. Pembelajaran Luring. Indramayu: Adanu Abimata. 2020.
Amrihani, Yunarsi, Harianti, Et.Al., Inovatif Di Tengah Pandemi Covid-19. Parepare: Nusantara Press. 2020.
Azizah, Nur Dan Muhammad Zainuddin, "Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di Smk Muhammadiyah 1 Dan Smk 2 Kota Palembang"), Edification, Vol. 2 No. 2 2020.
Belawati, Tian . Pembelajaran Online. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. 2019.
Bilfaqih, Yusuf Dan M.Nur Qomarudin. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Sleman: Deepublish(Grup Budi Utama). 2015.
Daheri, Mirzon, Juliana, Deriwanto, Dkk., “Efektivitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring”. Jurnal Basicedu. Vol. 4 No 4. 2020.
Data Hasil Wawancara Dengan Abu Sari, S.Pd. Selaku Waka Kurikulum Smk Negeri 1 Kudus, Pada Tanggal 11 Desember 2020.
Data Hasil Wawancara Dengan Ahmad Haris Na, S.Pd.I Selaku Guru Pai Kelas Xi Otkp 1 Di Smk Negeri 1kudus, Pada Tanggal 30 November 2020
Data Hasil Wawancara Dengan Dengan Drs. Sumini, M.Pd. Selaku Guru Pai Kelas Xi Bdp 2 Di Smk Negeri 1 Kudus, Pada Tanggal 23 Oktober 2020.
Data Hasil Wawancara Dengan Drs. Saiful Hadi, M.Pd. Selaku Kepala Sekolah Smk Negeri 1 Kudus, Pada Tanggal 11 Desember 2020.
Data Hasil Wawancara Dengan Fasya Maulinada, Selaku Siswa Kelas Xi Otkp1, Pada Tanggal 22 Desember 2020 84
Data Hasil Wawancara Dengan Meutia Revana Cahya Putri, Selaku Siswa Kelas Xi Otkp 1, Pada Tanggal 17 Desember 2020
Data Hasil Wawancara Dengan Rohmah Risqina Mardhotila, Selaku Siswa Kelas Xi Bdp 2, Pada Tanggal 25 November 2020
Data Hasil Wawancara Dengan Wahyu Noor Rachmatullaili, Selaku Siswa Kelas Xi Bdp 2, Pada Tanggal 25 November 2020.
Di Cara, Manuela Dan Kazutoshi Chatani. Catatan Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Dan Digital Di Bidang Tvet. Jakarta: Ilo. T.Tahun.
Ditjen Gtk. Petunjuk Teknis Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Dalam Jejaring (Daring). Jakarta: T.P. 2016.
El-Fauziah, Ula Nisa Lilis Suryani, Dan Tisnendi Syahrizal. “ Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Ikip Siliwangi. Vol. 2 No. 2 Juli. 2019.
Handarini. Oktafia Ika Dan Siti Sri Wulandari. “ Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (Sfh) Selama Pandemi Covid-19" Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol. 8 No. 3.2020.
Https://Katadata.Co.Id/Amp/Ekarina/Berita/5f3bc04617957/Survei-Smrc92-Siswa-Memiliki-Banyak-Masalah-Dalam-Belajar-Daring. Https://Referensi.Data.Kemdikbud.Go.Id/Tabs.Php?Npsn=20317499 Https://Smkn1kudus.Sch.Id/Home/Readmore/24/Visi-Dan-Misi
Husnaini, Rina Dan Hanna Sundari. "Penerapan Penggunaan Platform Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Daring". Rankiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Up3m Stkip Pgri Sumatera Barat. Vol 2 No 1.2020.
Ikatan Alumni Doktoral Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang Angkatan 2011. Bunga Rampai Rekonstruksi Pembelajaran Di Era New Normal. Malang:Seribu Bintang. 2020.
L,Ida Kurnia."Pengembangan Silabus & Rpp Melalui Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Komparatif Bagi Guru Smp N 21 Ambon". Jdp. Vol. 8 No. 2. 2015.
Lakoriha, Rizki Pietres, Hans F. Wowor Dan Sary D. E. Paturusi. “Pengembangan Sistem Pengelolahan Pembelajaran Daring Untuk Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Teknik Informatika. Vol. 13 No. 4. 2018. 85
M. Nur Ghufron. “Kepuasan Pembelajaran Secara Online: Apakah Gaya Belajar Mempunyai Pengaruh.” Journal Iain Kudus: Quality. Vol. 8 No. 1 (2020):143.
M.N. Ghufron Dan K.R. Azmi. “Does The More Social Media Usage Good Academic Grade? Meta Analysis.” Proccedings Of The 19 Th Annual International Conference On Islamic Studies, Alas 2019. (2020).
Mahasiswa Kpm Iain Parepare. Bersama Melawan Covid-19. Iain Parepare: Nusantara Press. 2020.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Malyana , Andasia. "Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung ". Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 2 No. 1. 2020.
Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher. 2015. Manizar, Ely "Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah", Jurnaltadrib, Vol. 3 No.2 . 2017.
Mastuti, Rini, Syarif Maulana, Dkk., Teaching From Home: Dari Belajar Merdeka Menuju Merdeka Belajar. T.Kota: Yayasan Kita Menulis. 2020.
Mhd. Isman. “ Pembelajaran Moda Daring”. The Progressive And Fun Education Seminar. (2016): 587 Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2016.
Mulatsih, Bekti. “ Penerapan Aplikasi Gogle Classroom, Google Form, Dan Quiziz Dalam Pembelajaran Kimia Dimasa Pandemi Covid-19”. Ide Guru:Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 5 No. 1. 2020.
Murtadho, Ali " Mengembangkan Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pai", Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7(2016), 12).
Naserly, Marsyid Kasmir. “Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta”. Edutech Consultant Bandung: Jurnal Aksara Public. Vol. 4 No. 2 Mei. 2020.
Harmer, Jeremy. 2001. How To Teach English An Introduction To The Practice Of English Language Teaching. Malaysia: Pearson Education.
Kadhim Kj, Odhaib Mf, Hadi Yh, Ameen Hm, Muhdi Aa, Et Al. (2018) Developing A Multi Platforms Web Applications For Mobile Device Using Html5. J Inform Tech Softw Eng 8: 225. Doi: 10.4172/2175-7866.1000225
Richard, Jack C. And Theodore S. Rodgers. 2002.Approaches And Methods In Language Teaching Second Edition. New York: Cambridge University Press.
Richards Jack C. And Theodore S. Rodgers. 1999. Approaches And Methods In Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdul Kahar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.