TRAINING IN DEVELOPING TECHNOLOGY-BASED ISMUBA LEARNING AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR JUNIOR HIGH SCHOOL

Authors

  • Ferdinan Ferdinan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mawardi Pewangi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Alamsyah Alamsyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurul Afifah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19175

Keywords:

Pembelajaran ISMUBA, Teknologi, Aplikasi Nearpod

Abstract

Guru diharapkan aktif mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran yang inovatif. Salah satu aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru ISMUBA dalam kegiatan pembelajaran adalah aplikasi Nearpod. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam mengenal dan dapat menggunakan salah satu aplikasi teknologi pembelajaran dengan baik. Mitra dalam kegiatan pelatihan ini adalah SMP Unismuh Makassar. Subjek pelatihan ini adalah guru-guru ISMUBA SMP Unismuh Makassar yang berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi persiapan, analisis kebutuhan, penyusunan modul pelatihan, validasi modul, persiapan teknis, dan pelaksanaan pelatihan. Instrumen yang digunakan adalah angket pilihan ganda untuk mengukur tingkat pengetahuan guru ISMUBA SMP Unismuh Makassar dalam mengenal berbagai teknologi pembelajaran dan penggunaannya. Teknik yang digunakan mencakup pretest dan post-test, dengan hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan dalam pengetahuan guru ISMUBA Unismuh Makassar dalam penggunaan teknologi pembelajaran, mencapai 78% dalam kategori baik.

References

Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Konstruktivistik dan Sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 104–114. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.845

Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101

Habibi, M., Chandra, & Azima, N. F. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN LITERASI SASTRA DI SEKOLAH DASAR This research is a type of development research ( Research and The Development ) which aims to produce poetry writing teaching materials using various valid cr. 9(1), 8–16.

Hidayati, W. R., Warmansyah, J., & Zulhendri, Z. (2022). Upaya Penguatan Nilai-Nilai Karakter Islam Moderat pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4219–4227. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1756

Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Mufti, U., & Widodo, H. (2021). Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan. 2(1), 85–92.

Muhtadi, R., Luthfi, F., Jasri, Rukmana, A. Y., Hamilunniám, M., Nugroho, L., & Sunjoto, A. R. (2023). MENELUSURI JEJAK SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM. Get Press Indonesia. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gvLMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:n6bZutnVtcUJ:scholar.google.com&ots=eVkbAo7qsg&sig=UnfOlG6dDCtUgqJqzcwyFeV8FYQ

Nurmasita dkk, Ismail, M., & Fauzan, A. (2022). M A N A Z H I M PENERAPAN PEMBELAJARAN APLIKASI NEARPOD PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MTsN 2 MATARAM. Agustus, 4(2), 308–318.

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Septiani, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 14 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Suhono, S., & Sari, D. A. (2020). Developing Students’ Worksheet Based Educational Comic for Eleventh Grade of Vocational High School Agriculture. Anglophile Journal, 1(1), 29–40.

Sujana, I. P. W. M., Sukadi, Cahyadi, I. M. R., & Sari, N. M. W. (2021). Pendidikan karakter untuk generasi digital native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 518–524. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Sukono. (2018). Memanfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Prosiding Profesionalisme Guru Abad XXI, 59–64.

Sulton, I. M. D. & A. (2020). Tapis?: Jurnal Penelitian Ilmiah. 4(2), 192–201.

Wijanarko, A., Effendi, R., & Setiawan, Y. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Sebagai Knowledge Sharing di SDIT Iqra 1 Bengkulu. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 408–415. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.828

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Ferdinan, F., Pewangi, M., Alamsyah, A., & Afifah, N. (2023). TRAINING IN DEVELOPING TECHNOLOGY-BASED ISMUBA LEARNING AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR JUNIOR HIGH SCHOOL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8462–8467. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19175