TRAINING IN DEVELOPING TECHNOLOGY-BASED ISMUBA LEARNING AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR JUNIOR HIGH SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19175Keywords:
Pembelajaran ISMUBA, Teknologi, Aplikasi NearpodAbstract
Guru diharapkan aktif mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran yang inovatif. Salah satu aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru ISMUBA dalam kegiatan pembelajaran adalah aplikasi Nearpod. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam mengenal dan dapat menggunakan salah satu aplikasi teknologi pembelajaran dengan baik. Mitra dalam kegiatan pelatihan ini adalah SMP Unismuh Makassar. Subjek pelatihan ini adalah guru-guru ISMUBA SMP Unismuh Makassar yang berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi persiapan, analisis kebutuhan, penyusunan modul pelatihan, validasi modul, persiapan teknis, dan pelaksanaan pelatihan. Instrumen yang digunakan adalah angket pilihan ganda untuk mengukur tingkat pengetahuan guru ISMUBA SMP Unismuh Makassar dalam mengenal berbagai teknologi pembelajaran dan penggunaannya. Teknik yang digunakan mencakup pretest dan post-test, dengan hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan dalam pengetahuan guru ISMUBA Unismuh Makassar dalam penggunaan teknologi pembelajaran, mencapai 78% dalam kategori baik.References
Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Konstruktivistik dan Sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 104–114. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.845
Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101
Habibi, M., Chandra, & Azima, N. F. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN LITERASI SASTRA DI SEKOLAH DASAR This research is a type of development research ( Research and The Development ) which aims to produce poetry writing teaching materials using various valid cr. 9(1), 8–16.
Hidayati, W. R., Warmansyah, J., & Zulhendri, Z. (2022). Upaya Penguatan Nilai-Nilai Karakter Islam Moderat pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4219–4227. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1756
Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Mufti, U., & Widodo, H. (2021). Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan. 2(1), 85–92.
Muhtadi, R., Luthfi, F., Jasri, Rukmana, A. Y., Hamilunniám, M., Nugroho, L., & Sunjoto, A. R. (2023). MENELUSURI JEJAK SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM. Get Press Indonesia. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gvLMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:n6bZutnVtcUJ:scholar.google.com&ots=eVkbAo7qsg&sig=UnfOlG6dDCtUgqJqzcwyFeV8FYQ
Nurmasita dkk, Ismail, M., & Fauzan, A. (2022). M A N A Z H I M PENERAPAN PEMBELAJARAN APLIKASI NEARPOD PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MTsN 2 MATARAM. Agustus, 4(2), 308–318.
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367
Septiani, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 14 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Suhono, S., & Sari, D. A. (2020). Developing Students’ Worksheet Based Educational Comic for Eleventh Grade of Vocational High School Agriculture. Anglophile Journal, 1(1), 29–40.
Sujana, I. P. W. M., Sukadi, Cahyadi, I. M. R., & Sari, N. M. W. (2021). Pendidikan karakter untuk generasi digital native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 518–524. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Sukono. (2018). Memanfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Prosiding Profesionalisme Guru Abad XXI, 59–64.
Sulton, I. M. D. & A. (2020). Tapis?: Jurnal Penelitian Ilmiah. 4(2), 192–201.
Wijanarko, A., Effendi, R., & Setiawan, Y. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Sebagai Knowledge Sharing di SDIT Iqra 1 Bengkulu. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 408–415. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.828
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ferdinan Ferdinan, Mawardi Pewangi, Alamsyah Alamsyah, Nurul Afifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.