EFISIENSI REKRUTMEN KARYAWAN MELALUI MEDIA ONLINE DI PT INDOLIMA PERKASA PALEMBANG

Authors

  • Rina Oktaviana Universitas Bina Darma
  • Nadila Nadila Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19145

Keywords:

Efisiensi, Rekrutmen, Media Online

Abstract

Perkembangan teknologi pada era revolusi industri telah menimbulkan transformasi pada dunia kerja terutama sistem rekrutmen dengan memanfaatkan sumber media online yang dinilai lebih efisien. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah media online pada perusahaan PT Indolima Perkasa Palembang telah cukup efisien dalam membantu proses rekrutmen. Metode yang digunakan dalam penelitian, yakni observasi langsung dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efisiensi penggunaan media online yang dikolaborasikan melalui kerjasama Media Partner ditunjukkan dengan peningkatan jumlah pelamar sesuai kualifikasi atau kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan bila dibandingkan dengan hanya membagikan flyer melalui media sosial perusahaan saja. Selain itu, penggunaan media online juga disebut efisien karena dapat menekan biaya atas tenaga dan waktu untuk proses rekrutmen. Saran yang diberikan penulis, yakni PT. Indolima Perkasa Palembang diharapkan tidak hanya mempublikasi melalui Instagram perusahaan namun menambahkan metode publikasi melalui media online yang dekat dengan masyarakat, seperti instagram (Media Patner), dan website pencari kerja (job portal), seperti linkedin dan jobstreet dan juga untuk peneliti selanjutnya dapat membahas kembali penggunaan media online pada proses rekrutmen karyawan secara lebih kompherensif.

References

Amaliyah. (2022). Manajemen sumber daya manusia. Padang : Penerbit PT Global Eksekutif Teknologi

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Indonesiabaik.id. (2023). “Pengguna internet tahun ke tahun”. https://indonesiabaik.id (Diakses 24 Mei 2023).

Romli M., Asep Syamsul. (2018). Jurnalistik online: Panduan praktis mengelola media online. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Mulyani, Sri. (2016). Analisis dan perancangan sistem informasi manajemen keuangan. Bandung: Andi Sistematika.

Myrobin.id. (2023). “Social media recruitmen”. https://myrobin.id/pojok-hrd/social- media-recruitment (Diakses 31 Juli 2023).

Rizaldi, Ivan Tian. (2020). Hubungan antara work-place well-being dengan employee engagement pada karyawan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Suherman,dkk. (2022). Industry 4.0 & society 5.0 . Jawa Tengah: Penerbit CV Pena Persada.

Syamsi, Ibnu. 2004. Efisiensi, Sistem dan Prosedur Kerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Talentics.id “Rekrutmen Online” 11 Agustus 2022 https://talentics.id/ hr-technology/rekrutmen-online-pengertian-kelebihan-dan-kekurangannya (Diakses 31 Juli 2023)

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Oktaviana, R. ., & Nadila, N. (2023). EFISIENSI REKRUTMEN KARYAWAN MELALUI MEDIA ONLINE DI PT INDOLIMA PERKASA PALEMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7794–7797. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19145