BRANDING DAN LABELING SEBAGAI UPAYA STRATEGI PEMASARAN PRODUK EMPING SINGKONG UMKM DI DESA PETANANG

Authors

  • Andi Susanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Liliani Suratan Handayani Universitas Indo Global Mandiri
  • Siti Komariah Hildayati Universitas Indo Global Mandiri
  • Lesi Hertati Universitas Indo Global Mandiri
  • R. M. Rum Hendarmin Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19133

Keywords:

Branding, Produk, Labeling, Emping Singkong.

Abstract

Branding adalah kegiatan pemasaran yang bertujuan membangun  identitas sebuah brand/merek dengan cakupan yang sangat luas, meliputi nama dagang, logo, karakter, dan persepsi konsumen akan brand tersebut. Branding juga menjadi sebuah strategi baru perusahaan untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan Branding terhadap Emping Singkong di Desa Petanang agar menjadi produk yang lebih menjual. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Metode Deskriptif dengan Teknik analisis data yaitu melalui dua tahapan meliputi display, dan penarikan kesimpulan. Pelatihan ini membuat klasifikasi data berdasarkan pertanyaan untuk menjawab tiap aspek pelatihan. Tahapan penarikan kesimpulan yaitu tahapan akhir dengan membuat analisis data pelatihan berdasarkan teori relevan.Pelatihan ini menghasilkan produk emping singkong dalam kemasan baru  lengkap dengan labelling dan brandingnya. Dengan demikian produk emping yang semula dijual tanpa kemasan, setelah dilakukan pelatihan pelaku usaha bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi sehingga  pendapatannya semakin meningkat.

References

Anggraini, Leriza Desitama, and R.M RUM Hendarmin. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Auditor Di Era Volatility,Uncertainty,Complexity, Dan Ambiguity.” 5: 836–44.

Amstrong, G. & Kotler. P. 1997. Prinsip-prinsip pemasaran. Cetakan pertama.Jakarta: Erlangga

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran,Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta

Hildayanti, Siti Komariah & Satriyani, Indah Tri. 2022. Strategi Promosi Melalui Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus UMKM RM Sate Taichan Senayan Palembang). Jurnal Ekombis Review. : https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1

Hertati, Lesi, Lilis Puspitawati, Rilla Gantino, and Meifida Ilyas. 2021. “Industri Kreatif Kearifan Lokal Kerajinan Limbah Pelepah Pinang Masyarakat Pinggiran.” Indonesia Berdaya 2(2): 103–11.

Kotler, K.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga Strategic brand management: building, measuring, and managing brand ... Keller, Kevin Lane, author ... Penerbitan, New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2008.

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Direktorat Pelayanan Publik.

Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Indonesia. Prednada Media Group. Neumeier, Marty. 2003

https://www.momentumcreative.id/2018/07/apa-itu- branding/https://www.momentumcreative.id/2018/07/apa-itu-branding/

https://pandagila.com/branding

https://kumparan.com/karjaid/mengenal-branding-in-multi-creative-company-inspiratif disamarind a-1sKP4l0DV6w

http://blog.iscreativeworks.com/idealist/jualan-dulu-atau-branding-dulu

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/18582/13535

https://www.bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4381

https://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/286

http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/2286

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Susanti, A. ., Handayani, L. S. ., Hildayati, S. K. ., Hertati, L. ., & Hendarmin, R. M. R. . (2023). BRANDING DAN LABELING SEBAGAI UPAYA STRATEGI PEMASARAN PRODUK EMPING SINGKONG UMKM DI DESA PETANANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7628–7635. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19133