PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DALAM MEMASARKAN HASIL/PRODUK DESA PATUMBAK I

Authors

  • Wan Suryani Universitas Medan Area
  • Retnawati Siregar Universitas Medan Area
  • Nurmaidah Nurmaidah Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19102

Keywords:

Branding, Sosial Media, E-Commerce

Abstract

Desa Patumbak I, desa ini terletak di Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu Kabupaten yang berada di kawasan Pantai Timur Provinsi Sumatera Utara. Ibu kota Kabupaten Deli Serdang terletak di Lubuk Pakam. Bila dilihat dari luas wilayah per Kecamatan berdasarkan jumlah 22 kecamatan, maka dapat dilihat Kecamatan Patumbak mempunyai luas 46,79 km2 (1,87 % dari luas wilayah Kabupaten Deli Serdang), sedangkan kecamatan yang paling kecil wilayahnya adalah Kecamatan Deli Tua dengan luas 9,36 km2 (0,37 % dari luas wilayah Kabupaten Deli Serdang). Pentingnya PKM  ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat Desa Patumbak dalam memasarkan produk dengan memanfaatkan sosial media. Diharapkan dengan memanfaatkan social media jangkauan pasar lebih luas. Tujuan PKM ini ; 1) membantu masyarakat dalam memahami pentingnya branding 2) Membantu masyarakat dalam membuat akun E-commerce 3) Membantu Masyarakat desa Patumbak I dalam memasarkan produk menggunakan social media.

References

Munandar, utami, 1997, emansipasi dan Peran ganda, Universitas Indonesia, Jakarta

Todaro, Michael, P, 1983, Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Ghalia Indonesia, Jakarta

Singarimbun, Masri, D.H, Penny, 1992, Penduduk dan Kemiskinan, BKA, Jakarta

Kusnadi, 2002, Akar Kemiskinan Nelayan LKIS,.Yogyakarta

Kusnadi, 2003, Polemik Kemiskinan Nelayan. Pondok Edukasi dan Pokja Pembaharuan. Yogyakarta.

Kusnadi, 2008. Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Jember Moeleong,

Suharto, Edi, 1972. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Bandung. Refika Aditama

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Suryani, W., Siregar, R. ., & Nurmaidah, N. (2023). PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DALAM MEMASARKAN HASIL/PRODUK DESA PATUMBAK I. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8757–8760. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19102