PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK PENILAIAN AKIR SEMESTER

Authors

  • Ridania Ekawati Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Dini Susanti Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Yulia Septi Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19088

Keywords:

HOTS, SD, Assesmen, Evaluasi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan untuk memberikan pelatihan meningkatan keterampilan Guru SD Muhammadiyah IV Padang dalam menyusun dan pembuatan soal penilian akir semester yang berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Urgensi dalam PPM ini adalah agar guru memiliki pengetahuan serta kemampuan dalam penyusunan soal berpikir tingkat tinggi. Tujuan PPM ini adalah  untuk (1) membantu guru dalam meningkatkan pemahaman tentang evaluasi hasil belajar, (2) meningkatkan pemahaman guru tentang soal HOTS, dan (3) meningkatkan kemampuan guru dalam membuat soal HOTS, sehingga nantinya diperoleh soal HOTS yang sesuai dengan standar Kurikulum yang digunakan di SD tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode workshop menggunakan teknik ceramah, Tanya jawab dan latihan secra langsung untuk guru SD Muhammadiyah IV Kota Padang. Manfaat dari hasil pengabdian ini dapat meningkatakan pemahaman guru SD Muhammadiyah IV Padang dengan hasil 78,3% pada kategori Paham, sehingga dapat meningkatnya pemahaman guru tentang soal HOTS dan kemampuan guru dalam membuat soal HOTS.

References

Bundu, Patta, M. Faisal, Rahmawati P. 2019. Pengembangan Model Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar. PNBP

Bundu, Patta, Rahmawati P. 2021. Model Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemapuan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Penelitian PNBP.

Cahyaningtyas, A. P., Sari, Y., Yustiana, S., & Jupriyanto, J. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal-Soal Berbasis HOTS dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 162-171. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ijocs/article/view/11352.

Destiniar. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS Untuk Mengembangkan Kemampuan Pedagogik Guru. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 4 ? No. 1 ? 2020 ISSN : 2581-1320 (Print) ISSN : 2581-2572 (Online) Homepage: http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Ena Suhena Praja,dkk (2021). Peningkatan Kompetensi Guru : Membuat Soal HOTS dan Pengecoh Tipe Multiple Choice. Abdimasku, Vol. 4, No. 2, Mei 2021: 73-81

Marniwati (2019). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 3 Nomor 5 Tahun 2019, hal 968- 975. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/311.

Merta, I.W., Lestari, N., & Setiadi, D. (2019). Teknik penyusunan instrumen higher order thinking skills (HOTS) bagi guru-guru SMP rayon 7 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 48-53

Muhammad Irfan. (2022). PKM Pelatihan Penyusunan Asesmen Pembelajaran Berorientasi Higher order thinking Skills (HOTS). CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde Volume 5 | Nomor 2 Desember |2022 e-ISSN: 2621-7910 dan p-ISSN: 2621-7961 DOI: https://doi.org/10.31960/caradde.v5i2.1937

Selamat, I. N., & Priyanka, L. M. (2020). Pelatihan pembuatan soal HOTS bagi guru-guru SD Negeri No. 1 dan 2 Dausa Kecamatan Kintamani. Proceeding Senadimas Undiksha, 1, 626-634

Widhiyani. 2019. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol. 8 No. 2, e-ISSN : 2615-7454

Yakob Metboki. (2022). PKM Peningkatkan Keterampilan Mengajar Bertanya Berbasis HOTS Pada Guru TK Yayasan Pendidikan Kristen. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6 (3), 2022, 773-785 Available online at: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17844

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Ekawati, R. ., Susanti, D. ., & Wahyuni, Y. S. . (2023). PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK PENILAIAN AKIR SEMESTER. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8752–8756. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19088