METODE NANO OXYGEN BIOFLOK TINGKATKAN PRODUKTIVITAS BUDIDAYA IKAN LELE DI DESA PARAIKATTE KABUPATEN GOWA

Authors

  • Iwan Perwira STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Hernita Hernita STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Adriani Adriani STIE LPI Makassar
  • Adam Alfi Muhammad STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Siti Nurfhadilah STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Mawar Fitriazahra Universitas Negeri Makassar
  • Zamrud Ichsan Rafi Universitas Hasanuddin Makassa
  • Zaenal Aulil Fauzany Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19058

Keywords:

Budidaya Ikan, Metode Bioflok, Digital Marketing

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat bertajuk Pemberdayaan Masyarakat Pemula (PMP) berjudul “Penerapan Metode Nano OKsygen Bioflok Guna meningkatkan Produktivitas Budidaya Ikan Lele di Desa Paraikatte Kabupaten Gowa”. Selama ini, peternak lele di daerah itu masih memakai cara tradisional dalam pengembangkan ikan lele. Dengan memperkenalkan metode Nano Oxygen Bioflok diharapkan dapat meningkatkan produktivitas budidaya ikan lele secara keseluruhan serta mendorong peningkatan perekonomian peternak lele di desa tersebut. Selain itu, peternak lele juga dibekali pelatihan digitalisasi marketing yang akan mengajari cara melakukan penjualan melalui online.  Tujuan penerapan metode Nano Oxygen Bioflok ini memperkenalkan metode yang menggabungkan teknologi nano oksigenasi dengan Metode Nano Oksygen Bioflok. Metode ini telah teruji di berbagai daerah di pulau jawa dan dapat mempercepat pertumbuhan ikan, mengurangi tingkat kematian ikan, serta meningkatkan produktivitas budidaya ikan. Luaran dari pengabdian ini antara lain menerbitkan hasil kegiatan di jurnal nasional bereputasi, membuat video dokumentasi kegiatan yang dapat jadi media promosi dan edukasi serta menulis berita hasil pengabdian dan dimuat pada media online yang menginformasikan pelaksanaan program ini. Sementara luaran dari digitalisasi marketing, diharapkan terjadi peningkatan penjualan melalui online sehingga dapat menjangkau yang lebih luas, pasar tidak hanya di Sulawesi Selatan tapi juga ke wilayah Indonesia Timur.

References

Adharani N, Soewardi K, Dhamar Syakti A, Hariyadi S. 2016. Manajemen kualitas air dengan teknologi bioflok: studi kasus pemeliharaan ikan Lele (Clarias sp.). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. 21(1):35–40.

Alhaq S. 2015. Aplikasi sistem bioflok dengan feeding rate berbeda terhadap pertumbuhan benih Lele (Clarias gariepinus). [Skripsi] Universitas Lampung.

Bhatnagar A, Devi P. 2019. Water quality guidelines for the management of pond fish culture. International Journal of Environmental Sciences. 5(2):1–30.

Effendie MI. (2002). Biologi Perikanan. Bogor : Yayasan Pustaka Nusantara

Fuadi A, Sami M, Usman U. 2020. Teknologi tepat guna budidaya ikan Lele dalam kolam terpal metode Bioflok dilengakapi aerasi nano buble oksigen. Jurnal Vokasi. 4(1):39.

Kompiang, I. (2000). Panduan Lengkap Agribisnis Lele. Jakarta: Penebar Swadaya.

Mahyuddin, K. (2010). Panduan Lengkap Agribisnis Lele. Jakarta: Penebar Swadaya.

Putri DU, Aliyas, Nurjaya. 2019. Pengaruh pemberian pakan dengan dosis berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan Lele (Clarias sp) dalam media bioflok. Jurnal Penelitian. 1(2):124–129.

Zonneveld N, Huisman EA, Boon JH. 1991. Prinsip-prinsip budidaya ikan. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.

https://www.agronet.co.id/detail/senggan g/teknologi/2376-Gelembung-Nano- Solusi-Cerdas-untuk-Perikanan ( Diakses tanggal 20 November 2019).

Downloads

Published

2023-09-19

How to Cite

Perwira, I. ., Hernita, H., Adriani, A., Muhammad, A. A. ., Nurfhadilah, S. ., Fitriazahra, M. ., Rafi, Z. I. ., & Fauzany, Z. A. . (2023). METODE NANO OXYGEN BIOFLOK TINGKATKAN PRODUKTIVITAS BUDIDAYA IKAN LELE DI DESA PARAIKATTE KABUPATEN GOWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7498–7505. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19058