PELATIHAN PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN DI DAERAH TANPA SIGNAL UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19056Keywords:
Augmented Reality, Daerah Tanpa Signal, Pembangunan Berkelanjutan, TeknologiAbstract
Pendidikan berkualitas adalah salah satu tujuan penting dalam pembangunan berkelanjutan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaruan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Pada saat ini di SMP Negeri 6 Watubangga metode pembelajaran yang digunakan hanyalah ceramah, dimana guru menjelaskan materi di papan tulis atau siswa hanya membaca buku pelajaran. Kondisi ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengkonseptualisasikan materi pada beberapa mata pelajaran yang mereka pelajari. Akibatnya, proses pembelajaran dalam kelas tidak mencapai tingkat optimal yang diharapkan. Karena itu, tim pengabdian memutuskan untuk menjalankan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi sambil memberikan dukungan kepada guru dan siswa untuk memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif. Tujuan utama PkM ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru dan siswa dalam mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode sosialisasi dan pendampingan. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini berhasil mencapai dampak yang menguntungkan dengan meningkatnya pemahaman dan keterampilan para guru dalam memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk mengajar materi yang memerlukan visualisasi tiga dimensi (3D). Selain itu, pemanfaatan AR juga memberikan kontribusi positif dalam proses pembelajaran, terutama ketika menghadapi tantangan sinyal yang buruk dan konektivitas internet yang terbatas di sekolah.References
Bantun, S., Sari, J. Y., Qammaddin, Q., & Karim, R. (2021). Visualisasi Letak Geografis Provinsi Di Indonesia Berbasis Augmented Reality Untuk Siswa SD (Studi Kasus: SD Negeri 99 Pongrakka). Informal: Informatics Journal, 6(1).
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora., 7(2).
Sidiq, E. I., & Syaripudin, C. R. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2).
Sintaro, S., Surahman, A., & Khairandi, N. (2020). Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Futsal Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. TELEFORTECH, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suharsono Bantun, Jayanti Yusmah Sari, Muhammad Syaiful, Fathur Rahman Rustan, Noorhasanah Z, Yuwanda Purnamasari Pasrun, Nurfitria Ningsi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.