PKM SOSIALISASI DESAIN BESAR OLAHRAGA NASIONAL PADA LEMBAGA OLAHRAGA DI KOTA PINRANG

Authors

  • Hasyim Hasyim Universitas Negeri Makassar
  • Anto Sukamto Universitas Negeri Makassar
  • Irvan Irvan Universitas Negeri Makassar
  • Retno Farhana Nurulita Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Akbar Syafruddin Universitas Negeri Makassar
  • M Imran Hasanuddin Universitas Negeri Makassar
  • Agus Sutriawan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18906

Keywords:

Sosialisasi, DBON, Lembaga Olahraga, Guru Penjas, Kota Pinrang,

Abstract

Desain Besar Olahraga Nasional atau disingkat dengan DBON merupakan dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan  dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga. Usulan kegiatan PKM ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi Perhimpunan olahraga yang ada di Kota Pinrang terkait dengan inisiatif peningkatan keterampilan prestasi atlet bagi peserta yang diselenggarakan oleh daerah dan juga oleh perguruan tinggi baik swasta maupun negeri agar masyarakat mengetahui peraturan dan rincian teknis dari mekanisme DBON. Strategi pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari bantuan dan komunikasi ke organisasi olahraga. Kegiatan menunjukkan bahwa program pengabdian masyarakat ini masuk dalam kategori Baik dan Puas menurut indeks survei. Dengan keberhasilan program ini diharapkan tahapan selanjutnya yakni dapat mengembangkan sebuah Desain Besar Olahraa Nasional bagi cabang olahraga lainnya yang belum masuk kedalam kategori pengabdian pada tahun ini.

References

Asmawi, M., Yudho, F. H. P., Sina, I., Gumantan, A., Kemala, A., Iqbal, R., & Resita, C. (2022). Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas (Issue April).

Presiden, R. I. (2021). Desain Besar Olahraga Nasional.

Susilo, S. A. (2021). Pembinaan Olahraga Bulu Tangkis Bagi Anak Desa Senaru. Artikel Pengabdian Masyarakat.

Pratiwi, F., Kalola, C.N. and Syamsudin (2020) ‘Vol. 03 No. 01 Tahun 2020 Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)’, 03(01), pp. 31–39.

Rampai, B. (2022) ‘Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas’.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Hasyim, H., Sukamto, A. ., Irvan, I., Nurulita, R. F. ., Syafruddin, M. A., Hasanuddin, M. I. ., & Sutriawan, A. . (2023). PKM SOSIALISASI DESAIN BESAR OLAHRAGA NASIONAL PADA LEMBAGA OLAHRAGA DI KOTA PINRANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8165–8168. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18906