IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING MELALUI PERIKLANAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENDUKUNG VISIBILITAS PRODUK UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18874Keywords:
UMKM, Digital Marketing, Instagram, Product Visibility, Social Media AdvertisingAbstract
Perkembangan teknologi dalam era pemasaran digital telah mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan, meningkatkan personalisasi, dan memanfaatkan berbagai saluran digital untuk mencapai audiens yang lebih luas. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan sarana pemasaran bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui implementasi digital marketing dengan fokus pada periklanan media sosial. Kantin Universitas dr. Soebandi Jember diidentifikasi sebagai objek mitra UMKM yang sangat relevan untuk mengimplementasikan strategi promosi melalui media sosial. Dikarenakan Kantin Universitas dr. Soebandi Jember merupakan salah satu fasilitas kampus yang bersifat publik tetapi belum menerapkan digital marketing. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah berdasarkan pendekatan partisipatif dengan melibatkan pemilik UMKM sebagai mitra dalam proses implementasi digital marketing. Tim pengabdian mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang mereka hadapi dalam pemasaran produk mereka. Sosialisasi pentingnya promosi melalui media sosial saat ini menjadi kunci dalam membangun hubungan yang kuat antara merek dan konsumen, dan mengakses pasar yang luas. Selanjutnya, strategi digital marketing melalui Instagram diterapkan untuk meningkatkan visibilitas produk UMKM. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa implementasi digital marketing melalui periklanan media sosial berhasil meningkatkan visibilitas produk, dari awalnya hanya enam akun yang terjangkau, melonjak secara impresif menjadi 24.419 akun. Pengabdian ini memiliki dampak positif pada UMKM sebagai motor penggerak perekonomian lokal. Selain itu, pengabdian ini juga menghasilkan pembelajaran bagi pemilik UMKM tentang potensi dan manfaat digital marketing dalam meningkatkan daya saing.References
Arief, M. H., & Ramdani, F. (2022). Uncertainty analysis in spatial planning application based on geographical information system (GIS) in Malang City. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1064(1), 1–11. Kuala Lumpur, Malaysia: OP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1064/1/012041
Arief, M. H., Ramdani, F., & Bachtiar, F. A. (2021). A Conceptual Framework for Uncertainty Analysis in Map-Based Urban Spatial Planning. ACM International Conference Proceeding Series, 197–202. Association for Computing Machinery. https://doi.org/10.1145/3479645.3479683
Arief, M. H., & Suprapto. (2018). Evaluasi Manajemen Risiko Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 ( Studi Kasus Pada Perum Jasa Tirta I Malang ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(1), 101–110. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1480
Athapaththu, J. C., & Kulathunga, D. (2018). Factors Affecting Online Purchase Intention: Effects of Technology and Social Commerce. International Business Research, 11(10), 111. https://doi.org/10.5539/ibr.v11n10p111
Banjarnahor, A. R., Harizahayu, Sahir, S. H., Pratiwi, I. I., Nainggolan, N. T., Muliatie, Y. E., … Arief, M. H. (2023). Perilaku Belanja Konsumen di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pemasaran (1st ed.; J. Simarmata, ed.). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Banjarnahor, A. R., Muhardono, A., Heykal, M., Permadi, L. A., Sudarso, A., Sahir, S. H., … Arief, M. H. (2023). Digital Enterpreneurship dan Inovasi Bisnis (1st ed.; M. J. F. Sirait & J. Simarmata, eds.). Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Benlahbib, A., & Nfaoui, E. H. (2020). Aggregating customer review attributes for online reputation generation. IEEE Access, 8, 96550–96564. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2996805
Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). Analisis Pengunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Perjualan Dan Kedekatan Dengan Pelanggan Di Pt Saung Angklung Udjo. AdBispreneur, 5(2), 193. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.29171
Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact?: Implementation and Action, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Maulana, A., Satrio, D., Hasibuan, A., Nasution, S. P., Munte, R. N., Hutabarat, M. L. P., … Mathory, E. A. S. (2023). Manajemen Bisnis Digital dan E-Commerce. In J. Simarmata (Ed.), Yayasan Kita Menulis (1st ed.). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Muttaqin, Simarmata, J., Yuswardi, S, W., Mandias, G. F., Pungus, S. R., & Arief, M. H. (2023). Audit Sistem Informasi (1st ed.; R. Watrianthos, ed.). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Muttaqin, Simarmata, J., Yuswardi, S, W., Mandias, G. F., Pungus, S. R., … Putra, E. Y. (2023). Audit Sistem Informasi (1st ed.; R. Watrianthos, ed.). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Putri, E. (2016). Foto Diri, Representasi Identitas Dan Masyarakat Tontonan Di Media Sosial Instagram. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 3(1), 80. https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23528
Rosyidah, F. N., & Nurwati, N. (2019). Gender dan Stereotipe: Konstruksi Realitas dalam Media Sosial Instagram. Share?: Social Work Journal, 9(1), 10. https://doi.org/10.24198/share.v9i1.19691
Safko, L., & Brake, D. K. (2009). The Social Media Bible: Tactics, Tools, adn Strategies for Business Success. In John Wiley & Sons, Inc. (1st ed., Vol. 1). Canada: John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1016/s0037-6337(12)70402-3
Sari, I. C., Mustafa, M. S., Wardani, S., Maslihatin, T., Lengkong, O. H., Arief, M. H., … Simarmata, J. (2023). IT Governance (1st ed.; M. J. F. Sirait, ed.). Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Sartika, S. H., Murdana, I. M., Permadi, L. A., Sudarso, A., Purba, A. T. L., Sahir, S. H., … Fajrillah. (2023). Customer Relationship Management (R. Watrianthos, ed.). Tasikmalaya: Yayasan Kita Menulis.
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala?: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2020). Pengembangan Pemasaran Bordir Dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.25256
Zebua, R. S. Y., Hendriyani, C., Thaha, A. R., Tahir, R., Purbasari, R., Achmawati, N. J., … Subagja, A. D. (2023). Bisnis Digital?: Strategi Administrasi Bisnis Digital untuk Menghadapi Masa Depan (1st ed.; Efitra & Sepriano, eds.). Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Habibullah Arief, Emha Diambang Ramadhany, Aditya Fian Wirayudha, Irvan Faris Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.