PENERAPAN LATIHAN IMAGERY PADA GURU PENJAS

Authors

  • Alficandra Alficandra Universitas Islam Riau
  • Raihanatu Binqalbi Ruzain Universitas Islam Riau
  • Zulkifli Zulkifli Universitas Islam Riau
  • Rini Rahmawati Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18850

Keywords:

Penerapan, Latihan Imagery, Guru Penjas

Abstract

Banyak ragam gangguan yang muncul dan menarik perhatian siswa, sehingga kemungkinan besar dapat mengganggu daya kosentrasi siswa dalam beraktivitas serta kurangnya    motivasi    siswa    dalam menampilkan   performa pembelajaran   Pendidikan   Jasmani, Berdasarkan  fenomena  dari  rendahnya  motivasi  belajar,  maka  guru  pendidikan jasmani sebagai orang yang bertanggungjawab bagi peningkatan keterampilan siswa perlu menumbuhkan  motivasi belajar yang  dimiliki  masing-masing  siswa  atau  individu  maupun secara kelompok melalui pelatihan mental imagery. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra dari kesepakatan tim pengabdian Kepada Masyarakat solusi yang ditawarkan adalah (1) Latihan imagery memilki keunggulan dalam menguatkan mental anak didik dalam proses pembelajaran, (2) membayangkan atau  memvisualisasikan  secara gamblang  saat sedang  belajar  dan  membayangkan  dirinya  menunjukan  penampilan  sempurna. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut, para peserta mendapatkan dan meningkatnya pengetahuan tentang peran latihan Imagery serta mendapatkan cara-cara yang dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar sehingga tidak terjadi kebosanan dalam belajar seperti melihatkan video olahraga yang akan di ajarkan.

References

Agustan, B., & Hidayat, A. R. (2021). Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal. Physical Activity Journal, 2(2), 159. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2021.2.2.3875%0a

Carsiwan. (2016). Penerapan Latihan Imagery Mental Dalam Pelatihan Olahraga Unggulan Di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 8(1), 1–20.

Cumming, J., & Williams, S. E. (2012). The Role Of Imagery In Performance.The Oxford Handbook Of Sport And Performance Psychology,. Https://Doi.Org/10.13140/2.1.3274.5925%0a

Juliantine, T., Subroto, T., & Yudiana, Y. (2013). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Fpok Upi Bandung.

Kamnuron, A., Hidayat, Y., & Nuryadi, N. (2020). Perbedaan Kepercayaan Diri Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Physical Activity Journal,. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2020.1.2.2394%0a

Komarudin. (2016). Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Pt Remaja Rosdakarya.

Kuan, G., & Roy, J. (2007). Goal Profiles, Mental Toughness And Its Influence On Performance Outcomes Among Wushu Athletes. Journal Of Sports Science And Medicine, 6((Cssi-2)), 28–33.

Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sman 1 Cikembar. R. Physical Activity Journal, 1(1), 82. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2019.1.1.2005

Subarjah, H. (2017). Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bulutangkis Studi Eksperimen Pada Siswa Diklat Bulutangkis Fpok-Upi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3. Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V3i3.361%0a

Downloads

Published

2023-09-14

How to Cite

Alficandra, A., Ruzain, R. B. ., Zulkifli, Z., & Rahmawati, R. . (2023). PENERAPAN LATIHAN IMAGERY PADA GURU PENJAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7329–7332. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18850