MPLEMENTASI PERMAINAN KARTU KREATIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.18779Keywords:
Anak Usia Dini, Kartu Kreatif, Aktivitas GerakAbstract
Dunia anak adalah dunia bermain, belajarnya anak sebagian belajar melalui bermain permainan yang mereka lakukan. Belajar melalui bermain inilah pola hubungan yang paling ideal antara belajar dan bermain. Bermain sambil bermain adalah lebih mengutamakan belajar daripada permainan. Bermain hanya sebatas sarana, bukan sebagai tujuan. Permainannya bisa dalam bentuk apa saja, salah satunya permainan kartu kreatif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Kartu kreatif memberikan manfaat memberikan atau menciptakan inovasi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dan. Dalam aktivitas gerak memberikan banyak kegiatan untuk mengembangkan kreatifitas pada anak usia dini, menggunakan bergabai aktivitas dengan motorik kasar maupun motork halus. Adapun permainan yang dipilih disesuikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Ketercapaian semua kegiatan aktivitas pada anak tidak lepas dari perhatian jangka Panjang yang diperagakan oleh anak, mulai dari Gerakan-gerakan tangan dan Gerakan-gerakan lainya serta perpaduan atau pengorganisasian antara gerakan motorik kasar dan motorik halus.Pelaksanaan pembuatan kartu kreatif bagi orang tua dan guru PAUD Matahari Tegalgondo yang bertujuan untuk memenuhi permintaan pendidik paud matahari dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas gerak dalam pemebalajaran pengembangan fisik motorik anak usia dini. Permainan kartu kreatif sebagai media belajar pada anak usia dini sangat membantu pada proses pembelajaran aktivitas gerak pada anak usia dini di PAUD MatahariReferences
Barnett, Lynn A. “Developmental Benefits of Play for Children.” Journal of Leisure Research 22, no. 2 (1990): 138–53.https://doi.org/10.1080/00222216.1990.11969821.
Clements, R. L. (2017). Moving With Word & Action (Physical Literacy For Presschool. United State: Human Kinetics.
J Van Horn., P. a. (2007). Play at the Center of the Curriculum. Columbus Ohio: Pearson.
Johnson, J. C. (1999). Play and Early Development edisi 5. New York:: : Longman.
Suyadi. (2020). Permainan Edukatif yang Mencerskan. Yogyakarta: Power Books .
Saracho, Olivia N., and Bernard Spodek. “Children’s Play and Early Childhood Education: Insights from History and Theory.” Journal of Education 177, no. 3 (1995): 129–48. https://doi.org/10.1177/002205749517700308.
Sholihah, Rizki Amalia. “Attitude, Aptitude, Routines, Pattern, Dan Simple Codes Dalam Pemerolehan Bahasa.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan 12, no. 2 (2017): 171–84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pramono Pramono, Yudhitia Dian Putra, I Wayan Sutama, MunaisraTri Tirtaningsih, Ajeng Galuh, Safira Badzlin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.