MPLEMENTASI PERMAINAN KARTU KREATIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Pramono Pramono Universitas Negeri Malang
  • Yudhitia Dian Putra Universitas Negeri Malang
  • I Wayan Sutama Universitas Negeri Malang
  • MunaisraTri Tirtaningsih Universitas Negeri Malang
  • Ajeng Galuh Universitas Negeri Malang
  • Safira Badzlin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.18779

Keywords:

Anak Usia Dini, Kartu Kreatif, Aktivitas Gerak

Abstract

Dunia anak adalah dunia bermain, belajarnya anak sebagian belajar melalui bermain permainan yang mereka lakukan. Belajar melalui bermain inilah pola hubungan yang paling ideal antara belajar dan bermain. Bermain sambil bermain adalah lebih mengutamakan belajar daripada permainan. Bermain hanya sebatas sarana, bukan sebagai tujuan. Permainannya bisa dalam bentuk apa saja, salah satunya permainan kartu kreatif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Kartu kreatif  memberikan manfaat memberikan atau menciptakan inovasi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dan. Dalam aktivitas gerak memberikan banyak kegiatan untuk mengembangkan kreatifitas pada anak usia dini, menggunakan bergabai aktivitas dengan motorik kasar maupun motork halus. Adapun permainan yang dipilih disesuikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Ketercapaian semua kegiatan aktivitas pada anak tidak lepas dari perhatian jangka Panjang yang diperagakan oleh anak, mulai dari Gerakan-gerakan tangan dan Gerakan-gerakan lainya serta perpaduan atau pengorganisasian antara gerakan motorik kasar dan motorik halus.Pelaksanaan pembuatan kartu kreatif  bagi orang tua dan guru PAUD Matahari Tegalgondo yang bertujuan untuk memenuhi permintaan pendidik paud matahari dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas gerak dalam pemebalajaran pengembangan fisik motorik anak usia dini. Permainan kartu kreatif sebagai media belajar pada anak usia dini sangat membantu pada proses pembelajaran aktivitas gerak pada anak usia dini di PAUD Matahari

References

Barnett, Lynn A. “Developmental Benefits of Play for Children.” Journal of Leisure Research 22, no. 2 (1990): 138–53.https://doi.org/10.1080/00222216.1990.11969821.

Clements, R. L. (2017). Moving With Word & Action (Physical Literacy For Presschool. United State: Human Kinetics.

J Van Horn., P. a. (2007). Play at the Center of the Curriculum. Columbus Ohio: Pearson.

Johnson, J. C. (1999). Play and Early Development edisi 5. New York:: : Longman.

Suyadi. (2020). Permainan Edukatif yang Mencerskan. Yogyakarta: Power Books .

Saracho, Olivia N., and Bernard Spodek. “Children’s Play and Early Childhood Education: Insights from History and Theory.” Journal of Education 177, no. 3 (1995): 129–48. https://doi.org/10.1177/002205749517700308.

Sholihah, Rizki Amalia. “Attitude, Aptitude, Routines, Pattern, Dan Simple Codes Dalam Pemerolehan Bahasa.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan 12, no. 2 (2017): 171–84

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

Pramono, P., Putra, Y. D. ., Sutama, I. W. ., Tirtaningsih, M. ., Galuh, A. ., & Badzlin, S. . (2024). MPLEMENTASI PERMAINAN KARTU KREATIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6422–6426. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.18779