PELATIHAN SPORT KIDS BAGI GURU SEKOLAH DASAR DAN BANTUAN ALAT OLAHRAGA DI KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.1876Keywords:
Sport Kids, Guru Olahraga, Alat OlahragaAbstract
Kegiatan pelatihan sport kids bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bogor bertujuan membantu menyiapkan guru olahraga yang kreatif, inovatif dan efektif dalam melaksanakan proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah dasar dan juga dapat dikembangkan dalam proses pembinaan olahraga yang terstruktur dengan baik dengan memberikan landasan gerak multilateral di usia dini. Program pelatihan sport kids ini diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor dan sebagai pelaksana kegiatan adalah seksi pembibitan, IPTEK dan Tenaga Keolahragaan dalam proses peningkatan dan pembangunan olahraga di Kabupaten Bogor yang baik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tiga Angkatan dan setiap Angkatan diikuti oleh 100 peserta sehingga tercapai 300 guru Pendidikan jasmani sekolah dasar yang telah mengikuti pelatihan ini. Kegiatan ini berfungsi sebagai tempat upgrading knowledge karena pada dasarnya peserta cukup paham karena lulusan sarjana olahraga yang pada saat kuliah mendapatkan beberapa mata kuliah yang mendukung tetapi perlunya pelaksanaan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan efisien karena perkembangan dalam Pendidikan jasmani dan olahraga. Pelatihan ini menggunakan metode partisipan guru karena perlunya pengembangan dilapangan dan materi disampaikan dengan metode ceramah, tanya jawab (diskusi) dan evaluasi menggunakan kuis. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah peserta antusias dan sangat proaktif dalam proses peningkatan dalam pembelajaran Pendidikan jasmani sekolah dasar di Kabupaten Bogor.References
Adiyudha Permana, D. (2015). Tingkat Partisipasi Olahraga dan Ketersediaan SDM Keolahragaan Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat Ditinjau dari Sport Development Index (SDI). Jurnal Pendidikan Olah Raga, 4(1), 9–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v4i1.26
Hanief, Y. N. (2015). Membentuk gerak dasar pada Siswa Sekolah dasar melalui Permainan tradisional. Jurnal SPORTIF, 1(1), 60–73. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
IAAF. 2002. Kids’ Athletics – Event Beregu Untuk Anak-Anak. RDC: Jakarta.
Ilham Surya Fallo. (2013). Analisis Pola Perkembangan Motorik Anak Sebagai Langkah Awal Pembinaan Calon Olahragawan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(2), 141–149. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v2i2.232
Iskandar, dkk. (2015). Kemampuan Motorik Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Kota Pontianak Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 66–79. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v4i1.31
Khoerudin, H. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Kids Athletic Lempar Turbo Melalui Modifikasi Permainan Bola Berekor Bagi Siswa Kelas V SDN 1 Sukorejo Tahun 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(3), 1653–1659. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/active.v4i3.4672
Muhammad Yahya. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Melempar Pada Siswasekolah Dasar. Jurnal Penjaskesrek, 2(2), 85–100. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/911
Rumini. (2014). Pembelajaran Permainan Kids’ Atlhletics Sebagai Wujud Pengembangan Gerak Dasar Atletik pada Anak-anak. Journal of Physical Education, Health and Sport, 1(2), 98–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/jpehs.v1i2.3208
Suyono. 2002.Kids Athletics. Jakarta Staf Set-IAAF RDC.
Yohanes, dkk. (2017). Perbedaan Kebugaran Fisik dan Aspek Afektif Sebagai Efek dari Pelatihan Kids Athletics dan Permainan Tradisional Megala-Gala. Sport and Fitness Journal, 5(2), 38–50. https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/31851
Yulifri, D. (2019). Study of Motor Ability in Grade V Students of Elementary Schools 03 Ikur Koto. Jurnal MensSana, 4(2), 148–155. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jm.v4i2.98
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-25 (3)
- 2022-07-16 (2)
- 2021-10-04 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Febi Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.