PEMENUHAN MAKANAN BALITA DI DESA RANAH SINGKUANG KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Syukrianti Syahda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ria Irena Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1873

Keywords:

Pemenuhan Makanan Balita, Penyuluhan, Pelatihan

Abstract

Gizi kurang sering dialami oleh balita, salah satu faktor yang berpengaruh terhadap masalah gizi kurang ini adalah masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pemeliharaan gizi balita, sehingga berdampak pada kurangya konsumsi zat gizi anak. Konsumsi zat gizi yang kurang pada balita dapat berakibat terganggunya pertumbuhan dan perkembangan anak serta melemahnya daya tahan tubuh terhadap infeksi. Keadaan ini akan memperburuk status gizi anak. PKM ini diusulkan karena mencermati masih banyaknya jumlah balita dengan gizi kurang dan stanting di Desa Ranah Singkuang wilayah kerja Puskesmas Kampar yang merupakan potret kecil dari masyarakat Indonesia. Setiap kelompok kader posyandu selalu aktif dan bertugas menyiapkan makanan tambahan untuk balita yang datang sekaligus memberikan contoh menu sehat untuk pengunjung posyandu. Namun, berdasarkan informasi dari koordinator kader, makanan yang disiapkan cenderung monoton tanpa variasi yang menarik dan tanpa memperhatikan perbedaan kebutuhan balita tersebut. Menu MP-ASI dan PMT balita yang disajikan antara lain bubur kacang hijau, sesekali diberi bubur ayam. Hal ini disebabkan menu yang disajikan sesuai dengan sumber dari Puskesmas setempat yang harus ditunggu karena kendala ekonomi masyarakat setempat.

Author Biographies

Syukrianti Syahda, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi DIV Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Ria Irena, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi DIV Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

References

Adisasmito. 2012. Sistem Kesehatan. PT Gramedia Grafindo Persada. Jakarta

Eko Putro Sandjojo,Taufik Majid.(2017). Buku Saku Desa dalam Penanganan Stunting. Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.(2017). 100 Kabupaten/Kota Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (STUNTING).

Pusat Data dan Informasi, kementrian Kesehatan RI. (2018). Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia.

Farida. (2015). Register Kohort Balita Desa Balong Tani Kecamatan Jabon.

UNICEF. Paket Konseling (2014). Pemberian Makan Bayi dan Anak.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (2007). B. Acuan Label Gizi Produk Pangan.

Kemenkes RI (2014). Modul Pelatihan Konseling : Pemberian Makan Bayi Dan Anak.

Lonika. 2011. Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Status Gizi Balita Di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi. Universitas Andalas. Medan.

Silawati A, dkk (2013). Pemberian Makanan Pada Bayi Dan Anak (PMBA) Dalam Situasi Bencana.

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Syahda, S., & Irena, R. (2021). PEMENUHAN MAKANAN BALITA DI DESA RANAH SINGKUANG KABUPATEN KAMPAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 442–445. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1873