PSIKO PARENTING DAN PEMBERDAYAAN REMAJA DALAM SELF CONTROL : HIPNOTERAPI DALAM UPAYA MENCEGAH KECANDUAN GAME
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18704Keywords:
Kecanduan Game, Psikoparenting, Remaja, Self ControlAbstract
Salah satu program yang paling diminati oleh kalangan remaja saat ini adalah media game online. Seseorang yang terikat pada kebiasaan yang sangat kuat dan tidak bisa lepas untuk bermain game online dapat dikatakan bahwa orang tersebut telah Kecanduan game online, yang ditandai dengan adanya dorongan untuk melakukan secara terus menerus yang disertai penarikan diri, ketidak mampuan mengatur waktu, mempunyai masalah dengan pengaruh interpersonal dan kesehatan. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mendorong terwujudnya kesehatan mental dan pola asuh yang baik dari orang tua kepada anaknya melalui pemberdayaan masyarakat sehingga masyarakat mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam mencegah dan mengatasi apabila terjadi kecanduan game. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di wilayah RW 03 Kelurahan Kebonsari Kota Surabaya. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan mengggunakan pendekatan partisipatif dengan cara ceramah, diskusi, curah pendapat serta demonstrasi langsung untuk meningkatkan pengetahuan kader, remaja, dan orang tua mengenai upaya preventif untuk mencegah kecanduan game. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2023 dan diikuti oleh 45 peserta. Hasil evaluasi kegiatan pelatihan didapatkan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan yang ditunjukkan dengan hasil pretest 15,5% meningkat menjadi 91,1% disertai dengan meningkatnya ketrampilan yang baik dimana peserta dapat mempraktekkan dan mengaplikasikan tindakan hipnoterapi sebagai self control dan sebagian besar peserta mampu memberikan penyuluhan terhadap para remaja di lingkungan sekitar dan sekolah, sehingga diharapakan menjadi support system bagi para remaja dalam menjaga status kesehatan di daerah binaanya.References
Dewi, N. K. S. A. D., Hitasari, N. K. J., Dewi, N. P. D. P., Raenata, P. V., & Lestari, P. I. (2022). Psikoedukasi Regulasi Emosi Dengan Pendekatan Cinematography Sebagai Upaya Penurunan Bullying Pada Siswa Sd Negeri Catur. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (Sinaptek), 5.
Elisa, C. U. (2022). Pendampingan Orang Tua Pada Anak Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi.
Handayani, A., & Daulay, N. (2021). Psikologi Parenting.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183.
Hasina, S. N. U. R., Nisa, F., Damayanti, N. A., Suhariadi, F., Afiyah, R. K., & Santy, W. H. (2022). Korespondensi Open Access Macedonian Journal Of Medical Sciences-The Internal Factors Affecting Mothers Psychological Capital In Exclusive Breastfeeding During The Covid-19 Pandemic In Petiken Village.
Hidaayah, N., Yunitasari, E., Nihayati, H. E., Faizah, I., Makhsusoh, H. A., & Purwanti, N. (2021). Relationship Between Stress Levels And Online Game Addiction In Adolescents. Nurse And Health: Jurnal Keperawatan, 10(2), 222–227.
Hidaya, N., & Aisna, Y. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa: Literature Review. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 2(1), 11–22.
Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa Di Lingkungan Sma Negeri 1 Bayang. Journal Of Civic Education, 3(1), 1–10.
Kamariyah, N., Putri, R. A., Ainiyah, N., Hasina, S. N., & Amanda, E. (2022). Gerakan Seribu Hari Pertama Kehidupan Melalui Pemberdayaan Kader Mandiri Sehat Tangguh (Mahatta) Di Desa Dharma Tanjung. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1546–1552.
Levani, Y., Hakam, M. T., & Utama, M. R. (2020). Potensi Adiksi Penggunaan Internet Pada Remaja Indonesia Di Periode Awal Pandemi Covid-19. Hang Tuah Medical Journal, 102–115.
Pratama, K. N., & Vitasari, I. (2020). Penerapan Hipnocaring Guna Mengatasi Kecanduan Game Online Yang Berlebihan Pada Remaja Di Desa Kebumen, Baturraden. Jurnal Of Community Health Development, 1(01), 54–61.
Putri, R. A., Hidaayah, N., & Firdaus, F. (2021). Analisis Usia Dan Coping Strategy Terhadap Kecenderungan Internet Gaming Disorder Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Jiwa, 9(4), 739–744.
Putri, R. A., Hidaayah, N., & Masithah, D. (2022). Positive Parenting Untuk Orang Tua Serta Latihan Self Control Untuk Anak Dalam Upaya Mengurangi Kecenderungan Internet Gaming Disorder. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, 1(1), 283–291.
Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi Dan Psikologi. Ijip: Indonesian Journal Of Islamic Psychology, 2(2), 267–289.
Susanti, T., Ulandari, D., Alfikri, A. Z., Sari, L. N. I., & Ahmad, M. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Penanganan Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(4), 4778–4792.
Untari, I., Prananingrum, R., & Kusudaryati, D. P. D. (2017). Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kader Dalam Pelayanan Posyandu Balita Melalui Pelatihan Dengan Metode Student Center Learning. Urecol, 15–18.
Wahyuni, S., Novitasari, Y., Suharni, S., & Reswita, R. (2023). The Effect Of Digital Literacy-Based Learning On Student Motivation And Socialization Ability. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 9(2), 88–98.
Wulansari, N. M. D. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak Di Era Digital. Visimedia.
Yanti, N. F., Marjohan, M., & Sarfika, R. (2019). Tingkat Adiksi Game Online Siswa Smpn 13 Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 684–687.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahmadaniar Aditya Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.