ECOPOUNDING SEBAGAI TEMA PROYEK MERDEKA BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR GUMPANG KARTASURA

Authors

  • Triastuti Rahayu Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Titik Suryani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Guntur Nurcahyanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rina Astuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Erma Musbita Tyastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Siti Kartika Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhamad Wisnu Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18562

Keywords:

Proyek Merdeka Belajar, Ecopounding, Ecoprint, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Abstract

SMP Muhammadiyah Al Kautsar Kartasura akan menerapkan proyek merdeka belajar pada semester II 2022/2023 dengan tema kewirausahaan (KWU), tetapi sekolah belum siap karena ketiadaaan tutor.  Tim P2AD UMS menawarkan topik ecoprint sebagai tema KWU karena mempunyai praktisi di bidang tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah membekali ketrampilan KWU bagi siswa-siswa SMP Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura dalam membuat batik alami menggunakan teknik ecopounding. Obyek kegiatan adalah seluruh siswa kelas VII. Tahapan kegiatan diawali dengan sosialisasi, penyiapan materi, bahan, dan alat, pelaksanaan, penilaian, dan perlombaan. Data yang dikumpulkan berupa nilai proses dan hasil kerja siswa yang ditabulasi menjadi nilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam rapor, nilai produk, dan evaluasi kegiatan menggunakan angket.  Pendampingan secara langsung oleh tim P2AD UMS di sekolah dilakukan sebanyak 4 kali dan pemberian video tutorial melalui youtube. Hasil nilai P5 menunjukkan ketrampilan siswa dengan kategori “SB” (sangat berkembang) sebanyak 64,52-96,77% dan kategori “BSH” (berkembang sesuai harapan) sebanyak 3,23-35,48%, sedangkan nilai produk menunjukkan kategori cukup dengan nilai 70-80 sebanyak 45% dan 12% dengan nilai >80. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 71% siswa mengalami peningkatan ketrampilan menggunakan teknik ecopounding dan 76% siswa menyatakan bahwa video tutorial sangat membantu siswa. Kegiatan pengabdian P2AD terlaksana sesuai rencana dengan beberapa penyesuaian. Hasil penilaian P5 komponen kreativitas sudah mencapai 96,77% tetapi nilai produk masih cukup dan kegiatan ini dapat meningkatkan ketrampilan siswa untuk mempraktekkan teknik ecopounding.

References

Anita, A., & Astuti, S.I. (2022). Digitalisasi Dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 7(1), 1–12. Doi.Org/10.24832/Jpnk.V7i1.2509.

Ardhianti, F. (2022). Efektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar, Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin . Vol 1 No 1.Ermayani. (2022). Meningkatkan Keterampilan Membuat Batik Eco Print Melalui Media Tutorial Bagi Anak Tunarungu Kelas Vii (Penelitian Tindakan Kelas Di Slb Al-Hidayah Padang). Skripsi: Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fip-Unp.

Brilian, A.P. (2023). Bisnis Ramah Lingkungan Ini Bisa Panen Omzet Puluhan Juta Rupiah!, Https://Finance.Detik.Com/Solusiukm/D-6638927/Bisnis-Ramah-Lingkungan-Ini-Bisa-Panen-Omzet-Puluhan-Juta-Rupiah

Ditjen Vokasi. (2023). Jadi Mode Fesyen Kekinian, Inilah Keunggulan Kain Ecoprint, Https://Vokasi.Kemdikbud.Go.Id/Read/B/Jadi-Mode-Fesyen-Kekinian-Inilah-Keunggulan-Kainecoprint#:~:Text=Dalam%20teknik%20ecoprint%2c%20bahan%20alami,Air%20dan%20mengurangi%20polusi%20lingkungan.

Efayanti, Y. N. A., & Setyowati, R. N. . (2022). Pengaruh Nilai Karakter Kerja Keras, Kreatifitas Dan Mandiri Terhadap Hasil Belajar Ecoprint Siswa Kelas Xi Sman 1 Prambon Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(4), 3159–3171. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i4.6002

Faridatun, F. (2022). Ecoprint ; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan, Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 5 No. 1. Hal. 230-234.

Festiyed, F., Mikhayla, M.E., Diliarosta, S., & Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi Sma Di Sekolah Penggerak Dki Jakarta Terhadap Pendekatan Etnosains Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 7(2), 152–163. Doi.Org/10.24832/Jpnk.V7i2.2993

Hendriyanto. (2021). Wujudkan Kelas Yang Menyenangkan Melalui Video Pembelajaran, Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Detail/Wujudkan-Kelas-Yang-Menyenangkan-Melalui-Video-Pembelajaran

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Jakarta

Kustomo Dan Fathurohman, D. (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Produk Inovatif Batik Ecoprint (Studi Kasus Kewirausahaan Batik “Godhong Papat” Di Smp Negeri 4 Jombang). Prosiding Seminar Nasional Batch 1 Nasib Pendidikan Karakter Di Masa Pembelajaran Daring Dalam Bingkai Merdeka Belajar. Hal. 130-139.

Nada, F. Dan Widowati. W. (2020). Kualitas Hasil Ecoprint Teknik Steam Menggunakan Mordan Tunjung, Tawas, Dan Kapur Tohor, Fashion And Fashion Education Journal (Ffej). Vol.9 No.1.

Nur, P. (2021). Eco Print : Kerajinan Yang Tak Sekadar Eco Friendly Tapi Juga Menawan, Https://Www.Lemkayu.Net/Eco-Print-Kerajinan-Yang-Tak-Sekadar-Eco-Friendly-Tapi-Juga-Menawan-7613.Html

Perdana, N. (2023). Istri Tentara Di Malang Ini Sukses Berbisnis Ecoprint, Omzet Rp 80 Juta Per Bulan, Https://Umkm.Kompas.Com/Read/2023/03/23/124827783/Istri-Tentara-Di-Malang-Ini-Sukses-Berbisnis-Ecoprint-Omzet-Rp-80-Juta-Per?Page=All.

Saptutyningsih, E. Dan Wardani, D.T.K. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint Di Dukuh Iv Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Warta Lpm, Vol. 22, No. 1, Maret 2019: 18-26.

Saraswati, R., Susilowati, D., Restuti, R.C, Dan Pamungkas, F.D. (2019). Pemanfaatan Daun Untuk Ecoprint Dalam Menunjang Pariwisata, Departemen Geografi Fmipa Universitas Indonesia

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi. 4(1):47-55. Doi: 10.36418/Jist.V4i1.564.

Yahya, L. M., Zahra, R., Tsabatiyya, N., Junas, I., & Saskia, D. (2023). Analisis Kelayakan Bisnis Bags & Crafts Ecoprint Ditinjau Dari Aspek Pemasaran, Teknik Dan Teknologi (Studi Kasus Pada Ecopaliko Kab. Lima Puluh Kota, Payakumbuh) . Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4039–4047. Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V3i3.2573

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education , 6 (1), 126-136. Doi.Org/10.36312/Jime.V6i1.1121

Yatri, I Dan Pratiwi. L. (2017). Peranan Media Video Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas V Sdn Mampang Prapatan 02 Pagi. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. Iv No. 2.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Rahayu, T., Suryani, T. ., Nurcahyanto, G., Astuti, R., Tyastuti, E. M., Kartika Sari, S., & Wisnu, M. . (2023). ECOPOUNDING SEBAGAI TEMA PROYEK MERDEKA BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR GUMPANG KARTASURA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8053–8063. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18562