EDUKASI KESEHATAN TENTANG POLA HIDUP SEHAT UNTUK SISWA SMK BHAKTI HUSADA BEKASI

Authors

  • Nur Rizkiyah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nana Suyana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Adhis Darussalam Pamungkas Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.18552

Keywords:

Edukasi, Kesehatan, Pola Hidup

Abstract

Kegiatan edukasi kesehatan masih diperlukan, agar para siswa mampu memahami dan menerapkan pola hidup sehat. Kesehatan yang baik akan memberikan peran yang besar dalam kehidupan mereka kelak. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan menerapkan pola hidup sehat di lingkungan sekolah. Metode kegiatan dengan pemberian penyuluhan, praktek dan evaluasi. Kegiatan ini dikuti oleh 54 siswa SMK Bhakti Husada Bekasi. Kegiatan dilakukan pada bulan Oktober hingga Desember 2020. Hasil kegiatan siswa mempunyai nilai rata rata 70.2 pada materi makanan sehat, aktivitas sehat, dan kesehatan mental. Sebanyak 80% anak sudah dapat menerapkan pola hidup sehat, sisanya masih melakukan perbaikan dari segi bobot badan dan pola hidup sehat.

References

Aji, R. B. S., & Mulyaningsih, F. (2018). Pola Hidup Sehat Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Berbah Sleman Yogyakarta. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 7(11).

Harahap, T. A., Saefuddin, A., Riani, E., & Indriyanto, B. (2018). Identifikasi Prediktor Pola Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Sekolah Menengah: Eksplorasi Data Sekunder Lomba Sekolah Sehat. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(1), 62-66.

Syamson, M. M. (2019). Penyuluhan Dalam Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jurnal Kesehatan Lentera Acitya, 6(2).

Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.

Ningsih, P. A., Wahyuni, S., & Nasution, A. H. (2023). The Role Of Counseling Teacher In Smoking Behavior In Students Of SMA Negeri 1 Air Batu. Mahir: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 154-164.

Umah, N. T., & Cahyono, R. (2022). Gambaran Keterlibatan Orang Tua Penyintas Covid-19 dalam Mempersiapkan Adaptasi Anak Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tatap Muka. Jurnal Syntax Transformation, 3(02), 276-284.

Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher.

Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.

Light, M. A., & Light, I. H. (2008). The geographic expansion of Mexican immigration in the United States and its implications for local law enforcement. Law Enforcement Executive Forum Journal, 8(1), 73-82.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Rizkiyah, N., Suyana, N. ., & Pamungkas, A. D. . (2022). EDUKASI KESEHATAN TENTANG POLA HIDUP SEHAT UNTUK SISWA SMK BHAKTI HUSADA BEKASI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1286–1289. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.18552