OPTIMALISASI KEMAMPUAN PUBLIC RELATIONS BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) KECAMATAN JALANCAGAK KABUPATEN SUBANG PROPINSI JAWA BARAT

Authors

  • Teuku Yuliansyah Universitas Pasundan
  • Iing Saefudin Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18493

Keywords:

Optimization, Public Relations, BUMDes, Stakeholders

Abstract

Jalancagak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Berada di wilayah Subang bagian selatan dengan jarak ke ibu kota kabupaten sekitar 18 Kilometer dan 38 Kilometer ke Bandung, Ibukota Provinsi. Topografi Kecamatan Jalancagak adalah area pegunungan dengan ketinggian berkisar 473 - 620 meter di atas permukaan laut yang meliputi 7 (Tujuh) desa. Masalah yang dihadapi mitra : (1) Belum memiliki pemahaman utuh tentang konsep serta manfaat dari Public Relations; (2) Mitra belum memiliki kemampuan dalam melakukan komunikasi yang efektif baik dengan pihak internal ataupun eksternal melalui optimalisasi peran Public Relations BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) untuk meningkatkan kerjasama dengan stakeholders. Hal yang besar peluangnya akan mengakibatkan produk dan program dari BUMDes tidak sampai ke publik. Solusi yang dilaksanakan : (1) Pengarahan dalam bentuk pemberian materi tentang konsep /Pola Public Relations BUMDes; (2) Pendampingan oleh tim terkait praktik implementasinya kepada pihak BUMDes dalam meningkatkan komunikasi yang efektif melalui optimalisasi peran Public Relations BUMDes untuk meningkatkan Kerjasama internal /Eksternal dengan para para stakeholders. Hasil yang dicapai ialah : (1) Mitra secara progesif memahami baik secara utuh /Parsial tentang konsep /Pola Public Relations versi BUMDes; (2) Mitra percaya diri dan mampu melakukan komunikasi yang efektif dengan pihak internal /Eksternal melalui optimalisasi peran Public Relations BUMDes dalam konteks meningkatkan kerjasama dengan semua stakeholders melalui program - produk yang ditawarkan.

References

Abdurrachman, Oemi.2001. Dasar - Dasar Public Relations. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Subang. Kecamatan Jalancagak Dalam Angka 2022. Katalog BPS 1102001.3213020. Subang : BPS Kabupaten Subang.

Butterick, Keith. 2013. Pengantar Public Relations Teori dan Praktik Jakarta :.RajaGrafindo Persada.

David Meerman Scott. 2009. The New Rules Of Marketing and PR. New Jersey: John Wiley&Sons, Inc., Hoboken.

Frank Jefkins. 2003. Public Relations. (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Morissan, MA. 2008. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurjaman Kadar dan Umam Khaerul. 2012. Komunikasi dan . Bandung: Pustaka Setia.

Rumanti OSF, Sr Maria assumpta, 2002. Dasar-Dasar Public Relation. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro.2002. Dasar - Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uchjana, Onong Effendy. 1990. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wasesa, Silih Agung. 2006. Strategi Public Relations. Jakarta : Gramedia.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Yuliansyah, T. ., & Saefudin, I. . (2023). OPTIMALISASI KEMAMPUAN PUBLIC RELATIONS BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) KECAMATAN JALANCAGAK KABUPATEN SUBANG PROPINSI JAWA BARAT . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7968–7973. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18493