PEMBERDAYAAN MASYARAKAT AEK PAROMBUNAN PADA USAHA DAGANG KERIPIK RIBKA DI KELURAHAN AEK PAROMBUNAN KOTA SIBOLGA

Authors

  • Dewi Sundari Universitas Al Washliyah Medan
  • Suriana Suriana Universitas Al Washliyah Medan
  • Rangga Salam Universitas Al Washliyah Medan
  • Vanny Euorita Tarigan Universitas Pancabudi Medan
  • Rahma Alia STIE Sibolga
  • Galuh Rahmi Pertiwi Universitas Al Washliyah Medan
  • Dini Vientiany Universitas Al Washliyah Medan
  • Syahliza Hulul Azmi Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18483

Keywords:

Pemberdayaan, Tenaga Kerja Masyarakat , UMKM (UD. Keripik Ribka )

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dari tujuan keikut sertaan masyarakat Aek Parombunan  sebagai pekerja pengolah teri dan singkong menjadi keripik sambal di usaha Keripik Bripka  Jl. S.M Raja No. 462 Aek Parombunan Kota Sibolga Selatan. Metode pengabdian ini dilakukan secara sistematis dimulai dari tahap survey berupa sosialisasi yang dilakukan dengan menyusun program-program yang akan disampaikan saat kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung. Tahap awal berupa silaturrahmi dengan pemilik usaha dan para karyawannya yaitu masyarakat Aek prombunan yang terdiri dari Tamatan SMA dan Juga yang masih bersekolah yang berdomosili kelurahan Aek Parombunan. Hasil kegiatan pengabdian yang diperoleh berupa pendalaman terhadap beberapa sentra industri yang ada di Kelurahan Aek Parombunan kota Sibolga dengan kegiatan mengolah ikan teri dan singkong menjadi keripik sambal yang merupakan khas oleh-oleh kota Sibolga. Pemberdayaan masyarakat Kelurahan Aek Parombunan meliputi dimensi sosial, pendidikan dan ekonomi, strategi pemberdayaan masyarakat  hendaknya mempertimbangkan karakteristik seperti, umur, skil, jenis kelamin dan kemampuan bekerja di sentra-sentra yang ada dalam lokasi usaha dagang ini, dan untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat kelurahan Aek Parombunan  diperlukan dukungan keterpaduan baik instansi daerah maupun lembaga-lembaga masyarakat (civil society), swasta dan lembaga Pendidikan.

References

Djoeffan, S. H. Gerakan Feminisme di Indonesia. J. Mimb. No. 3, 284–300 (2001).

Harahap, M, & M. Keragaan Ekonomi Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pengolahan Opak Singkong Di Desa Tuntungan II Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. J. Ilmu Ekon. Dan Stud. Pembang. Vol.16i2.9, 179–190 (2016).

Indarto, I, & Santoso, D. Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha Dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. J. Ris. Ekon. Dan Bisnis vl.3il.220, (2020).

purnamasari, Vidya; Qurrata, Vika Annisa; Narmaditya, B. S. Pemberdayaan Wanita Melalui Peluang Usaha Dalam Peningkatan Ekonomi Lokal. J. Graha Pengabdi. 1–8 (2020).

Wulandari, L., Ramadhani, M, F. Pemberdayaan Masyarakat melalui UMKM Opak dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Karangbenda di Masa Covid-19. Proceedings.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Sundari, D. ., Suriana, S., Salam, R. ., Tarigan, V. E. ., Alia, R. ., Pertiwi, G. R. ., Vientiany, D. ., & Azmi, S. H. . (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT AEK PAROMBUNAN PADA USAHA DAGANG KERIPIK RIBKA DI KELURAHAN AEK PAROMBUNAN KOTA SIBOLGA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6878–6882. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18483