PELATIHAN MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI BAGI FORUM MGMP BAHASA ARAB WILAYAH JAWA TENGAH

Authors

  • Nailur Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Retno Purnama Irawati Universitas Negeri Semarang
  • Nafis Azmi Amrullah Universitas Negeri Semarang
  • Binta Mu’tiya Rizki Universitas Negeri Semarang
  • Astin Dwi Masithoh Universitas Negeri Semarang
  • Izzah Hanifah Universitas Negeri Semarang
  • Faiz Achmad Alauddin Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18464

Keywords:

Model Pembelajaran, Terdiferensiasi, Bahasa Arab

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab seyogyanya dilaksanakan secara interaktif, menyenangkan, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Hal ini sejalan dengan konsep pembelajaran terdiferensiasi yaitu kegiatan pembelajaran yang memodifikasi proses, mendesain berbagai aktivitas untuk membantu peserta didik memahami materi dan menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap peserta didik sehingga mereka tidak frustrasi dan merasa gagal selama proses pembelajaran. Namun berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan tim pengabdi, 50,9% pendidik belum pernah mendengar pembelajaran terdiferensiasi, 47,2% belum memahami dan 84,9% belum menerapkan model pembelajaran terdiferensiasi. Diharapkan setelah pelatihan ini, pendidik dapat mengatur bahan pelajaran, kegiatan, tugas yang harus diselesaikan, dan penilaian akhir berdasarkan kesiapan peserta didik dalam belajar agar pembelajaran yang professional, efisien, dan efektif dapat terwujud.Target program pengabdian ini adalah pendidik yang tergabung dalam Forum Musyawarah Pendidik Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab di Jawa Tengah, dengan luaran: 1) memberikan pemahaman tentang model pembelajaran terdiferensiasi pada pembelajaran Bahasa Arab 2) memberikan pengalaman langsung dalam menerapkan model pembelajaran terdiferensiasi, 3) mengembangkan model pembelajaran terdiferensiasi pada pembelajaran Bahasa Arab. Metode pelaksanaan diantaranya: 1) menjelaskan model pembelajaran terdiferensiasi pada pembelajaran Bahasa Arab ; 2) modelling; (3) praktek; dan (4) evaluasi kegiatan pengabdian.Luaran kegiatan pengabdian ini adalah 1) artikel yang dipublikasikan pada jurnal sinta 2/3/4/5, 2) artikel kegiatan  pengabdian kepada masyarakat pada media cetak lokal, dan (3) video highlight kegiatan pengabdian.

References

Sabriadi HR, Wakia N. Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara J Manaj … [Internet]. 2021;11(2):175–84. Available from: https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara/article/view/2149%0A

Usman U, Lestari ID, Alfianisya A, Octavia A, Lathifa I, Nisfiyah L, et al. Pemahaman Salah Satu Guru di MAN 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. J Rev Pendidik dan Pengajaran [Internet]. 2022;5(1):32–6. Available from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/4432

Rahayu R, Rosita R, Rahayuningsih YS, Hernawan AH, Prihantini. Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. J Basic [Internet]. 2022;6(4):6313–9. Available from: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3237

Sherly, Dharma E, Sihombing BH. Merdeka Belajar?: Kajian Literatur. In: Merdeka Belajar di Era Pendidikan 40 [Internet]. Banjarmasin: FKIP Universitas Muhammadiyah Banjarmasin; 2020. p. 184–7. Available from: http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33

Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan T. Panduan Pembelajaran dan Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Peta Konten Dalam Memahami Pengimplementasian Kurikulum Merdeka 2022 p. 119.

Ade Sintia Wulandari. Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. J Pendidik Mipa [Internet]. 2022;12(3):682–9. Available from: https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/620

Shihab N, Belajar KG. Diferensiasi?: Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna dan Menyenangkan. 3rd ed. Andini SN, Setiawan B, editors. Jakarta: Yayasan Mitra Netra; 2021. 1–245 p.

Elias G, Fauzie, Bayumi, Zainudin A, Chaniago E, Hapizoh. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish; 2021. 119 p.

Ayu Sri Wahyuni. Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. J Pendidik MIPA [Internet]. 2022;12(2):118–26. Available from: https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/562

Herwina W. Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspekt Ilmu Pendidik [Internet]. 2021;35(2):175–82. Available from: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057

Mukhibat M. Differentiate Learning Management To Optimize Student Needs And Learning Outcomes In An Independent Curriculum. QALAMUNA J Pendidikan, Sos dan Agama [Internet]. 2023;15(1):73–82. Available from: https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/2386

Hadi W, Prihasti Wuriyani E, Yuhdi A, Agustina R. Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra [Internet]. 2022;11(1):56. Available from: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/33852

Wahyuningsari D, Mujiwati Y, Hilmiyah L, Kusumawardani F, Sari IP. Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. J Jendela Pendidik [Internet]. 2022;2(04):529–35. Available from: https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/301

Kristiani H, Susanti EI, Purnamasari N, Purba M, Saad MY, Anggaeni. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi [Internet]. 1st ed. jAKARTA: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran; 2021. 19–23 p. Available from:https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/03/Buku-Model-Pengembangan-Pembelajaran-Berdiferensiasi-SMPN-20-Tangsel-_5-Maretisbn.pdf

Bendriyanti RP, Dewi C, Nurhasanah I. Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Pendidikan [Internet]. 2021;6(2):70–4. Available from: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/7335

Marlina. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Universitas Negeri Padang; 2019. 1–58 p.

Fitra DK. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. J Filsafat Indones. 2022;5(3):250–8. Puspitasari V, Rufi’i, Walujo DA. Pengembangan Perangka Pembelajaran dengan Model Doferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. J Educ Dev Inst. 2020;8(4):310–9.

Darman RA. Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Inform [Internet]. 2017;3(2):73–87. Available from: https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/eDikInformatika/article/view/1320

Shihab, Najelaa; Guru Belajar K. Diferensiasi Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna dan Menyenangkan. cetakan 3. Andini, Siti Nur; Setiawan B, editor. Tangerang Selatan: Literati; 2021. 1–245 p.

Hiryanto. Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Din Pendidik [Internet]. 2017;22:65–71. Available from: https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-Ppendidikan/article/download/19771/10802

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Rahmawati, N. ., Irawati, R. P., Amrullah, N. A. ., Rizki, B. M. ., Masithoh, A. D. ., Hanifah, I. ., & Alauddin, F. A. . (2023). PELATIHAN MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI BAGI FORUM MGMP BAHASA ARAB WILAYAH JAWA TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8119–8126. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18464

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.