PEMBELAJARAN MESIN BUBUT ULIR SISWA SMK BUBUTAN SURABAYA PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Devi Susiati Universitas 45 Surabaya
  • Silvana Mohammad Universitas 45 Surabaya
  • Manggi Dwi Cahyono Universitas 45 Surabaya
  • Moh. Sayful Arifin Universitas 45 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18461

Keywords:

Mesin Bubut, Daya Serap Siswa, Problem Based Learning

Abstract

Bengkel Teknik Pemesinan SMK Bubutan Surabaya sebagai tempat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. SMK Bubutan Surabaya berdiri pada tanggal 19 Agustus 1976 dengan nama yayasan LPPUK (Lembaga Penambah Pendidikan Umum dan Kejuruan). Seiring dengan perkembangan dunia industri yang serba modern, siswa dituntut harus memiliki daya saing yang kompetitif agar bisa menjadi pembuat keputusan. Teknik mesin mengambil peranan penting di dalam dunia industri yang dahulu dikerjakan dengan tangan sekarang digantikan oleh mesin. Masalah yang dihadapi oleh SMK Bubutan Surabaya adalah rendahnya tingkat daya serap siswa terhadap pembelajaran mesin bubut ulir dengan nilai rata-rata 70. Untuk meningkatkan kemampuan daya serap siswa dilakukan model proses pembelajaran yang menyenangkan dan terbuka dari segi gagasan, pendapat, dan solusi. Metode pembelajaran yang diterapkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) yaitu mengambil permasalahan studi kasus di dunia industri sebagai konteks dan bahan ajar untuk siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis serta memperoleh keterampilan dalam pemecahan masalah. Setelah diterapkannya metode PBL, daya serap siswa mengalami peningkatan sebesar 13,2 %. Hal itu ditunjang dengan saling diskusi dengan guru bukan hanya dengan menggunakan metode ceramah. Karena dengan meningkatkan keaktifan siswa, materi yang disampaikan akan mudah diserap dengan melibatkan studi kasus di dunia industri.

References

Akhmad, M. A., Mustari, M., Putra, M. A., Arif, T. A., Fadollah, I., & Sila, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 341–355. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1462

Dirgatama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan mengimplementasi program Microsoft Excel mata pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 36–53. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Hadiansah, E. N., Widiyanti, & Bangun, D. (2017). Uji Banding Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Saintifik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan. Jurnal Teknik Mesin, 25(1), 51–58.

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106

Mungkap Mangapul Siahaan, Sanggam Siahaan, Rudiarman Purba, Asima Rohana Sinaga, Apriani Sijabat, Herna Febrianty Sianipar, Christa Voni Roulina Sinaga, Ropinus Sidabutar, & Partohap Sihombing. (2023). Sosialisasi Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Inggris Dengan Metode Problem Based Learning. Joong-Ki?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 50–54. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i1.1261

Nugroho, L. J. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smk Muhammadiyah Prambanan. ??????????? ??????? ?????????, 16.1.2015.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497

Taufan Iswandi. (2023). Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK IT Alqimmah Taufan Iswandi. 5, 4197–4203.

Wayudi, M., & Akbar, A. (2023). Efektivitas Metode Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dimoderasi Minat Belajar. 06(01), 4586–4598.

Zuhri, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Di Kelas V Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 18–26. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7739

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Susiati, D. ., Mohammad, S. ., Cahyono, M. D. ., & Arifin, M. S. . (2023). PEMBELAJARAN MESIN BUBUT ULIR SISWA SMK BUBUTAN SURABAYA PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8428–8433. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18461