PEMBINAAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA MENUJU KEPRIBADIAN SISWA YANG BERKARAKTER DI ERA DIGITALISASI DI PERGURUAN ISLAM TERPADU SMK DAN SMA CERDAS MURNI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18443Keywords:
Nilai Pendidikan Agama, Kepribadian Berkarakter, Siswa, Era Digitalisasi.Abstract
Pengabdian masyarakat dalam bentuk seminar pembinaan nilai-nilai Pendidikan agama menuju kepribadian siswa yang berkarakter di era digitalisasi di Perguruan Islam Terpadu SMK dan SMA Cerdas Murni dengan jenis penelitian kualitatif berupa pendekatan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilengkapi dengan Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada rancangan perencanaan pelatihan dimulai dengan studi lapangan, solusi permasalahan, penyiapan jadwal materi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan, dimanapelaksanaannya di latih oleh narasumber-narasumber yang terdiri dari Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Al Washliyah yang terdiri dari dosen prodi PIAUD dan PAI, pelatihan ini berjalanlancar dan memberikan manfaat pada para siswa yang ditunjukkan dengan tingkat pre tes dan post test terhadap yang meningkat dari yang 51% rata-ratanya menjadi 63,8%. Pengabdian masyarakat ini diharapkan memberikan kontribusi pentingnya nilai-nilai pendidikan agama terhadap kepribadian siswa yang berkarakter.References
Apjii: Pengguna Internet Indonesia 215 Juta Jiwa Pada 2023, Naik 1,17%. Diunduh Dari: Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Apjii-Pengguna-Internet-Indonesia-21563-Juta-Pada-20222023. Tanggal 28 Mei 2023
Harahap, S Dan Isya, W. (2020). Model Pendidikan Nilai Dan Karakter Di Sekolah. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 7, No. 1 21-33
Isnaini, M.(2013) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah(Uin Syarif Hidayatullah : Jurnal Pendidikan Islam, Volume,3 Edisi Ke-1, I
Mu’in, Fatchul. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik Dan Praktik. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Muchtar, A.D Dan Suryani,A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran Atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan – Vol 3 No. 2 50-57. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V3i2.142
Persentase Anak Usia 5 Tahun Ke Atas Yang Mengakses Internet Menurut Tujuan (2021). Diunduh D
Remaja Paling Banyak Gunakan Internet Di Indonesia Pada 2022. Diunduh Dari: Https://Dataindonesia.Id/Internet/Detail/Remaja-Paling-Banyak-Gunakan-Internet-Di-Indonesia-Pada-2022. Tanggal 28 Mei 2023
Tobroni. (2010). The Spiritual Leardership: Meraih Kekokohan Spiritualitas Menggapai Keber-hasilan Kepemimpinan. Malang: Umm Press.Salam Volume 18 No. 1 Halaman 1-183, Malang, Juni 2015 82
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Seila Rizkina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.