PENGUATAN KECERDASAN SPIRITUAL BERBASIS PENANAMAN AKHLAK PADA PROGRAM PEMBELAJARAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 05 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18442Keywords:
Pembentukan Akhlak, Kecerdasan Spiritual, Anak Usia DiniAbstract
Saat ini era modernisasi sangat berpengaruh pada perubahan tingkah laku manusia yang dilakukan secara tidak sadar sehingga memiliki pengaruh yang berdampak negatif pada pembentukan akhlak seseorang. Hal ini disebabkan karena kurangnya kegiatan-kegiatan disekolah yang menerapkan pembelajaran pembentukan akhlak dan hanya fokus pada bidang akademik saja, sehingga terjadi masalah dengan merosotnya perilaku atau moral anak-anak dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada guru-guru mengenai pentingnya pembentukan akhlak pada anak, khususnya guru-guru TK/PAUD karena pembentukan akhlak sangat penting ditanam dalam diri anak sejak dini. Pengabdian masyarakat dalam bentuk pendidikan masyrakat ini memberikan penyuluhan tentang penguatan kecerdasan spiritual berbasis penanaman akhlak pada program pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan. Jenis penilitian ini berupa penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber, guru memahami pentingnya penerapan pembentukan akhlak pada anak usia dini. Guru lebih mengetahui bagaimana metode-metode yang tepat untuk dilakukan dalam membentuk akhlak yang baik pada anak dan dengan cara tersebut juga dapat menguatkan kecerdasan spiritual anak usia dini.References
Afriantoni. (2019). Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda: Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Bediuzzaman Said Nursi. Deepublish.
Agus, H. Z. (2019). Peranan Orangtua dalam Membina Keceradasan Spiritual Anak Dalam Keluarga. Jurnal Raudhah, 4(2). http://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/46/44
Fajri, Z., & Mukaroma, S. (2020). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Jurnal Edureligia, 04(01). ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia
Herawati. (2017). Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ar Raniry, III(2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/viewFile/1703/1241
Himmah, R. H., Jauhari, I. B., & Ahidul, A. (2023). Adab Sebagai Aktualisasi Ilmi Dalam Perspektif Islam. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XIV(2).
Hotimah, N., & Yanto. (2019). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 1(2).
Munirah. (2017). Akhlak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2).
Suhartono, & Lina, R. (2019). Pendidikan Akhlak Dalam Islam. CV. Pilar Nusantara.
Syam, M. N., & Arif, M. (2022). Muamalah dan Akhlak Dalam Islam. Manarul Quran: Jurnal Studi Islam, 22(1).
Tsalitsah, I. . (2020). Akhlaq Dalam Perspektif Islam. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 6(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Ah
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Al-Thariqah, 5(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/4854/2514
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Armanila
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.