KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 : PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI 79 KOTA BENGKULU

Authors

  • Restu Rianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ivan Achmad Nurcholis Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ki Agus Baluqiah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Agung Suhadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18423

Keywords:

Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi

Abstract

Kampus mengajar Angkatan 5 adalah program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Mengajar) yang diadakan oleh Mendikbudristek (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) bertujuan sebagai upaya meningkatkan literasi dan numerasi disekolah sasaran. Di SD Negeri 79 Kota Bengkulu, Tim Kampus Mengajar 5 menekankan penguatan literasi dengan berbagai program kerja yang menunggunakan metode yang menarik dan media yang unik seperti video animasi dan games sebagai penunjang program literasi dan numerasi. Dengan memanfaatkan fasilitas yang ada disekolah dan membuat materi sesuai dengan kebutuhan peserta didik, tim kampus mengajar 5 juga membuat bimbingan belajar untuk peserta didik yang kurang lancar membaca dan menghitung yang intens agar peserta didik dapat mengikuti materi literasi yang diperlukan. Hasil post test AKM kelas menjadi salah satu bukti keberhasilan penekanan literasi dan numerasi di SD Negeri 79 Kota Bengkulu.

References

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, Dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01).

Fadhilaturrahmi, F. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(2), 61–69.

Panjaitan, P., Simanjuntak, M., Dungo Silitonga, F., Pardede, S., Napitupulu, L., Moenda Sari Silitonga, N., Sigiro, M., & Syahfitri, D. (N.D.). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan Ii Dalam Kegiatan Mengajar Siswa Kelas 1 Sd Di Sd Negeri 177041 Simarhompa Pada Tahun 2021. Https://Doi.Org/10.31604/Jpm.V5i3.955-967

Meliyanti, Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi Dan Numerasi Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512.

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja Di Indonesia: Masalah Dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. Https://Doi.Org/10.20961/Jpi.V8i2.66437

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814. Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V6i3.8773

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Rianti, R. ., Nurcholis, I. A. ., Baluqiah, K. A. ., & Suhadi, A. . (2023). KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 : PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI 79 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6846–6850. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18423